Minggu, 12 Jan 2014 11:02 WIB

Jika Pernah Keguguran, Ibu Hamil Harus Lakukan Kiat Berikut

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Keguguran tak hanya melemahkan fisik wanita, tetapi juga mempengaruhi psikisnya. Pun dengan sang suami, ia juga merasakan kesedihan yang sama dengan istrinya. Tak heran jika terkadang keguguran menjadi trauma tersendiri bagi beberapa wanita.

Kembali hamil bisa jadi merupakan harapan baru bagi wanita yang sebelumnya pernah keguguran. Wanita yang hamil lagi setelah pernah mengalami keguguran perlu mempersiapkan beberapa hal agar mimpi buruk tidak terjadi untuk yang kedua kalinya. Hal tersebut esensial dilakukan mengingat keselamatan kandungan sangatlah penting.

Dikutip dari Boldsky, Minggu (12/1/2014), inilah persiapan yang harus dilakukan wanita yang kembali hamil setelah mengalami keguguran:

1. Mendapat cukup nutrisi
Setelah kehamilan kedua dikonfirmasi, pastikan calon ibu mendapat asupan yang seimbang dan mencukupi. Pada periode ini, fisik wanita belum terlalu kuat sehingga membutuhkan nutrisi dan gizi yang mencukupi. Untuk itu, diet protein yang seimbang sangat diperlukan.

2. Mempersiapkan mental
Wanita yang hamil lagi setelah sebelumnya pernah mengalami keguguran juga harus siap secara mental. Berbahagia dan lupakan kejadian buruk di masa lalu. Bersedih atau depresi hanya akan mengarahkan kehamilan pada keguguran lain. Pada periode ini dukungan suami sangatlah penting. Oleh karena itu, suami juga harus siap secara mental.

3. Menjauhi kafein
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil yang pernah mengalami keguguran adalah menjauhi kafein. Selain kafein, hal lain yang juga perlu dijauhi adalah mengonsumsi obat-obatan. Sebab apa yang dikonsumsi ibu selama hamil sangat berpengaruh pada kondisi janin.

4. Memilih pengobatan alami
Jika Bunda terserang demam, cobalah untuk mengobatinya dengan pengobatan herbal. Sebisa mungkin Bunda menghindari obat-obatan kimia. Pengobatan herbal atau alami adalah pilihan yang lebih aman untuk ibu hamil dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia yang menimbulkan berbagai komplikasi.

5. Berkonsultasi pada dokter
Sangat penting untuk berkonsultasi pada dokter. Hamil setelah sebelumnya pernah mengalami keguguran cukup berisiko karena kondisi rahim tidak sekuat wanita pada umumnya. Demi kebaikan jabang bayi, ibu hamil harus mematuhi saran dokter.

(vit/vit)