Jumat, 17 Jan 2014 08:50 WIB

Ibu Hamil Perlu Banyak Minum, Ini Caranya Agar Minum Air Tak Bikin Eneg

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Merasa lapar bahkan setelah makan? Atau sering merasa kembung saat hamil? Maka mengonsumsi cukup air merupakan satu-satunya penyelamat.

Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh ibu, benar-benar perjalanan yang tidak mudah. Menghadapi berbagai perubahan itu, ibu harus memperbanyak minum agar tubuh tetap mendapat cukup cairan.

Seiring dengan pertumbuhan bayi, asupan air sama pentingnya dengan multivitamin lain. Meningkatkan asupan air memilik banyak manfaat baik bagi ibu maupun bayi. Manfaat yang diperoleh antara lain mengurangi risiko tekanan darah tinggi, melawan dehidrasi, mencegah konstipasi, dan mencegah infeksi saluran kemih.

Air berfungsi membawa nutrisi-nutrisi penting untuk buah hati di dalam kandungan. Asupan cairan yang cukup selama kehamilan trisemester pertama dapat mencegah muntah-muntah saat hamil, meningkatkan produksi ASI, serta membuat tubuh menghasilkan cukup cairan ketuban untuk bayi. Itulah mengapa memperbanyak minum air selama hamil sangat penting.

Bagaimana caranya agar ibu dapat memperbanyak asupan air tanpa sering lupa atau merasa 'eneg'? Dikutip dari Boldsky, Jumat (17/1/2014), inilah langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan asupan air selama hamil.

1. Ibu hamil butuh lebih banyak air
Selama hamil, calon ibu harus minum lebih banyak air dari saran normal sebanyak 8 gelas per hari. Sebab selama hamil, wanita menjadi lebih sering ke kamar mandi karena kandung kemih tertekan oleh janin. Kondisi tersebut terutama dialami oleh wanita yang hamil tua. Bagaimana caranya agar ibu hamil bisa minum banyak air setiap hari? Tidak perlu bingung, Bunda bisa menyiasatinya dengan berbagai trik, kok.

2. Mengganti air dengan minuman lain
Jika Anda merasa tidak nyaman karena selalu minum air putih, gantilah dengan cairan lain seperti jus lemon, susu, atau air kelapa. Jika Anda suka yoghurt, simpanlah beberapa botol di dalam almari pendingin.

3. Menggunakan botol
Ini merupakan tips yang paling mudah untuk meningkatkan asupan air tanpa harus mencemaskan berapa gelas air yang harus diminum. Gunakan botol untuk minum dan tandai target setiap kali minum. Cara ini bekerja lebih baik dibanding menghitung jumlah gelas yang diminum setiap hari.

4. Menyalakan alarm
Jika Anda mencemaskan cara memperbanyak asupan air minum selama hamil, cobalah ide berikut. Nyalakan alarm tiap dua jam sekali sebagai pengingat waktu minum. Cara ini cukup aneh dan unik, namun dapat membantu mengingatkan untuk rajin minum.

5. Meminum air kelapa
Cobalah minum air kelapa. Air kelapa merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan dengan jus. Dengan minum air kelapa, asupan air harian selama hamil dapat terpenuhi.

6. Minum setiap dua jam sekali
Langsung minum dalam jumlah banyak? Anda sebaiknya mengganti kebiasaan itu. Lebih baik minum sedikit demi sedikit secara teratur, misalnya minum setiap dua jam sekali. Jika bepergian, jangan lupa untuk membawa sebotol air minum agar kebutuhan air selama hamil dapat terpenuhi.

7. Minum setiap usai buang air kecil
Setiap usai buang air kecil, ingatlah untuk minum air. Dari kamar kecil, berjalanlah menuju dapur dan ambillah segelas air untuk diminum. Cara ini dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan air selama hamil.

8. Mengonsumsi buah dan sayur berair
Pilihlah buah atau sayur yang kaya akan air seperti semangka atau mentimun. Cara ini secara tidak langsung menambah kadar air tubuh sehingga Anda tidak perlu mencemaskan cara meningkatkan jumlah asupan air.

9. Menambahkan rasa ke dalam minuman
Sulaplah jus kesukaan Anda menjadi kubus-kubus kecil es yang siap digunakan setiap saat. Caranya ialah dengan membuat jus dan menyimpannya di dalam mesin pendingin. Setiap kali ingin minum, tambahkan kubus-kubus es itu ke dalam gelas. Cara ini dapat membantu agar air yang diminum terasa lebih nikmat.



(vit/vit)
News Feed