Selasa, 14 Apr 2015 15:35 WIB

Aneh, Wanita Hamil Ini Ngiler Tiap Lihat Batu Kerikil

- detikHealth
Silvia dan batu kerikil kegemarannya (Foto: Discovery) Silvia dan batu kerikil kegemarannya (Foto: Discovery)
New York -

Ngidam yang dirasakan satu wanita hamil dengan wanita hamil lainnya tentu berbeda-beda. Ada yang ngidam makanan, ada juga yang ngidam bepergian atau melihat suatu hal. Namun wanita yang satu ini sungguh lain dari yang lain, ia ngidam batu kerikil.

Wanita berkulit hitam bernama Silvia ini mengaku tiap kali melihat batu kecil maupun besar, mulutnya berair, seakan-akan melihat makanan yang benar-benar ia inginkan. "Biasanya saya mencari batu kerikil di sekitar rumah atau taman. Yang seperti ini kecil dan mudah dipecahkan," paparnya.

Baca juga: Ngidam Aneh, Wanita Hamil Ingin Makan Hewan yang Mati Tertabrak

Dokter kandungan Silvia, Dr Robert K Silverman mengungkapkan bahwa pasiennya ini mengidap apa yang disebut dengan pica, yaitu sebuah gangguan makan di mana pengidapnya gemar mengonsumsi sesuatu yang bukan makanan.

Dr Silverman sendiri sudah mewanti-wanti Silvia agar menghentikan kebiasaannya itu. Pertama karena batu yang ia konsumsi bisa saja membawa penyakit atau parasit ke dalam tubuhnya, apalagi ia tengah berbadan dua.

"Dan batu-batu itu tidak tercerna lalu menumpuk di dalam perut sehingga menghambatnya buang air besar. Ini tentu sangat berbahaya," tegasnya seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (14/4/2015).

Dikatakan begitu, wanita yang diperkirakan berumur 30-an tahun itu mengaku malu dan merasa bersalah karena memiliki kebiasaan tersebut. "Saya lebih baik menukarkan keinginan ini dengan orang yang ngidam makanan seperti acar atau sushi. Saya tahu bayi saya tak mendapatkan nutrisi dari sesuatu yang saya makan ini," katanya.

Silvia juga mengaku tidak tinggal diam. Ia telah mencoba berbagai makanan yang bisa menggantikan batu kesukaannya, namun hasilnya nihil. Bahkan makin hari kebiasaannya itu makin parah. Demi memenuhi keinginannya untuk selalu ngemil batu, ia kerap menyembunyikan kerikil-kerikil itu di penjuru rumahnya, seperti di sekitar lampu meja, di belakang tirai atau di dapur.

"Jujur saya juga sering sakit perut karenanya. Jadi saya mengkhawatirkan kesehatan saya dan juga bayi saya," imbuhnya.

Tak hanya Silvia, suaminya, Estevan mengaku frustrasi melihat kelakuan ibu dua anak ini. Ia juga serba salah karena tiap kali berupaya membuang batu-batu itu, Silvia justru merasa gelisah dan stres.

Untung saja, anak ketiga mereka lahir dalam keadaan sehat, tanpa komplikasi apapun. Namun setidaknya apa yang dialami Silvia bisa dijadikan pelajaran bagi ibu hamil lain agar tidak ngidam aneh-aneh, apalagi sesuatu yang tidak bisa dicerna, seperti halnya batu.

Baca juga: Jangan Takut, Ngidam Tak Dituruti Tak Bikin Anak Ileran Kok

(lil/vit)