Senin, 17 Okt 2016 16:06 WIB

Mitos atau Fakta: Makan Kacang Hijau Saat Hamil Lebatkan Rambut Bayi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Demi menebalkan rambut bayi, seringkali para ibu hamil banyak-banyak mengonsumsi kacang hijau yang biasanya diolah menjadi bubur. Benarkah asupan ini berhubungan dengan pertumbuhan rambut bayi?

Menurut pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND, secara ilmiah belum ada bukti bahwa kacang hijau bisa melebatkan rambut. Namun demikian, secara nutrisi kacang hijau memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena merupakan sumber vitamin dan mineral alami.

"Rambut anak biasanya genetik, tidak ada pengaruhnya dengan mengonsumsi kacang hijau atau tidak," tutur Victoria kepada detikHealth.

Ia melanjutkan, kacang hijau cukup kaya akan nutrisi dengan protein dan vitamin, termasuk vitamin E. Asupan ini pun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan kandungan lemak tak jenuhnya baik untuk membantu perkembangan otak janin.

Baca juga: Saat Hamil Jadi Gampang Mengantuk dan Lapar Setelah Makan? Ini Penyebabnya

Sama seperti kacang hijau, air kelapa yang disebut-sebut bisa menebalkan rambut bayi juga sampai saat ini dikatakan oleh Victoria belum memiliki bukti ilmiah.

"Tapi bukan berarti percuma, tetap air kelapa baik dikonsumsi ibu hamil. Kan lebih baik minum air kelapa dibanding es teh manis, karena air kelapa kandungan nutrisinya tinggi," imbuh pemilik akun Instagram @leonavictoria_ahligizi ini.

Hal serupa juga disampaikan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Divisi Fetomaternal RSU Dr Soetomo Surabaya dan RS Pendidikan Universitas Airlangga, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG atau dr Erza. Ia menuturkan bahwa kacang hijau merupakan keluarga kacang-kacangan yang memiliki kandungan 'istimewa'.

"Selain sebagai sumber protein nabati yang tinggi, kandungan karbohidrat dan mineral di dalamnya juga cukup tinggi. Kalsium dan fosfor adalah contoh mineral yang terkandung pada kacang hijau. Tentunya kebutuhan gizi ibu hamil berbeda dengan wanita biasa. Dalam hal ini intinya kelapa muda dan kacang hijau baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil," tutur dr Erza. (ajg/up)