Selasa, 17 Jan 2017 12:05 WIB

Wow! Para Bidan Ini Tawarkan Pelatihan Melahirkan di Mobil

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto ilustrasi: Thinkstock Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Ketika ibu hamil alami kontraksi melahirkan mendadak, terkadang proses persalinan bisa terjadi di tengah jalan. Nah agar bisa hadapi situasi seperti itu dengan aman dua bidan di Swedia berinisiatif adakan program latihan untuk para pasangan.

Bidan Stina Naslund dari kota Solleftea, Swedia, mengatakan di daerah terpencil akses rumah sakit dapat jadi kendala ketika ibu hamil ingin bersalin. Di daerahnya sebagai contoh jarak antar rumah sakit bisa lebih dari 100 kilometer sehingga tak heran bila kadang persalinan terjadi di tengah jalan.

Baca juga: Dramatis! Bidan di Kalimantan Ini Bantu Ibu Melahirkan di Atas Pick-up

Belum lagi medan perjalanan bisa cukup berat sehingga Stina ingin agar para orang tua selalu siap ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Bisa ada kecelakaan mobil, mobil mogok, atau keluar jalur. Anda harus siap hadapi apa saja meskipun kemungkinannya sangat sangat kecil," ungkap Stina seperti dikutip dari BBC, Selasa (17/1/2017).

Dilaporkan oleh media setempat, program latihan secara detail melatih individu bagaimana bepergian jarak jauh dengan seseorang yang akan melahirkan. Selain itu dilatih juga bagaimana menghadapi situasi bila terjadi persalinan mendadak.

Stina mengaku dirinya cukup terkejut ketika program mengundang banyak reaksi setelah diumumkan Jumat (13/1) lalu. Orang-orang bertanya tentang program lewat email dan telepon termasuk juga media internasional.

Baca juga: Jika Mengalami 10 Hal Ini, Tandanya Ibu akan Segera Melahirkan

(fds/vit)