Rabu, 08 Feb 2017 11:33 WIB

Infografis: Macam-macam Kondisi Kantong Ketuban Bayi Kembar Dua

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Tak seperti pada kehamilan tunggal di mana ibu mengandung satu bayi, kondisi kantong ketuban pada bayi kembar dua pastinya berbeda. Kemudian, ada pula macam-macam kondisi kantong ketuban pada bayi kembar dua.

dr Eric Kasmara, SpOG dari RS Pondok Indah Puri Indah mengatakan ada dua jenis kantong ketuban, yaitu amnion dan korion. Pada bayi kembar dua, kondisi selaput ketubannya dapat berupa: monoamnion - monokorion, diamnion - monokorion, maupun diamnion - dikorion.

"Bayi kembar monoamnion - monokorion berasal dari satu sel telur, yang setelah dibuahi terbelah dua dengan sempurna. Ini adalah kembar identik dan jenis kelamin keduanya pasti sama," kata dr Eric kepada detikHealth.

Ada pula bayi kembar yang berada dalam dua lapisan amnion berbeda (diamnion) tapi berada dalam korion yang sama (monokorion). Kemudian, ada pula bayi kembar yang berada dalam selaput amnion dan korion yang berbeda (diamnion - dikorion).

Baca juga: Satu-satunya di Dunia, Ibu Kulit Hitam Lahirkan Bayi Kulit Putih Dua Kali

Bayi kembar diamnion - dikorion berasal dari dua sel telur yang berbeda, yang masing-masing dibuahi oleh satu sperma yang berbeda, sehingga disebut sebagai kembar tidak identik. Nah, bayi kembar siam termasuk dalam kategori monoamnion - monokorion.

"Hal ini terjadi ketika blastokista (bakal janin) terbelah dua, prosesnya tidak sempurna sehingga ada bagian tubuh janin yang saling menempel," tutur dr Eric.

Baca juga: Punya Bayi Kembar, Harus Ada Riwayat dalam Keluarga?

Nah, gambaran macam-macam kondisi kantong ketuban pada bayi kembar dua tersaji dalam infografis berikut ini:

Infografis: Macam-macam Kondisi Kantong Ketuban Bayi Kembar DuaFoto: thinkstock
(rdn/vit)
News Feed