Jumat, 03 Mar 2017 13:31 WIB

Unik! Tangan Bayi Ini Bentuk Simbol Rock N' Roll Saat Di-USG

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Facebook/ Makelle Throckmorton Ahlin
Utah - USG bisa dilakukan ibu untuk mengetahui jenis kelamin si bayi atau mengetahui perkembangan bayinya. Kadang kala, ada hal-hal tak terduga yang terjadi saat ibu menjalani USG termasuk tingkah si bayi yang nyeleneh.

Seperti yang dialami ibu dua anak bernama Makelle Throckmorton Ahlin ini. Pada tanggal 23 Februari lalu, Makelle mengunggah foto USG-nya di akun Facebook-nya. Tak seperti foto USG pada umumnya, tangan bayi Makelle tampak membentuk simbol rock n' roll di mana ia mengacungkan jempol, telunjuk, dan kelingkingnya.

Makelle mengatakan ia dan suaminya Jared tidak pernah berpikir akan mengalami hal ini. Terlebih, ketika diunggah foto aksi si janin mampu mencuri perhatian para pengguna internet. Ya, foto ini sudah dibagikan 235 kali.

"Kami senang banyak orang suka dengan foto ini. Setidaknya, kami bisa membawa sedikit kebahagiaan untuk orang-orang. Atau mungkin kami bisa membawa sedikit suasana rock n' roll," tutur Makelle kepada Today.

Ini bukan pertama kalinya seorang bayi membentuk tanda yang unik ketika di-USG. Di bulan Januari lalu, seorang ibu bernama Ana Craft mengunggah foto USG di mana bayinya membentuk tanda peace dengan mengacungkan telunjuk dan jari tengahnya.

Saat itu usia kandungan Ana 20 minggu dan ketika di-USG memang tampak tangan bayinya yang diberi nama Karis. Kemudian, Karis beraksi dengan membentuk tanda peace tersebut.

Baca juga: Agar Tes Kehamilan Lebih Akurat, Yuk USG ke Dokter!

Dihubungi detikHealth, Jumat (3/3/2017), dr Sita Ayu Arumi SpOG dari RS Bunda Jakarta mengatakan foto USG di mana bayi membentuk tanda yang cukup unik bisa saja terjadi. Tapi, menurut dr Sita itu amat jarang terjadi.

"Kalau memang terjadi, ya memang bayinya kebetulan tangannya sedang membentuk gerakan seperti itu. Saya sendiri sih belum pernah menemukan foto USG yang seperti itu ya," kata dr Sita.

Dikutip dari News Work, soal 'penampakan' gambar tak biasa dalam sebuah objek seperti roti, kentang, bahkan foto hasil USG, neuroscientist Bethany Brookshire mengatakan bisa jadi ini fenomena yang disebut dengan pareidolia. Ini terjadi ketika otak mengambil pola dari rangsangan acak dan membuatnya jadi sesuatu yang penting.

Menurut Bethany, ini adalah sesuatu yang tak ada artinya tapi dianggap signifikan. Umumnya, fenomena ini muncul dalam gambar atau suara. Sementara, kepala Bioscientist Franklin Institute, Jayatri Das, mengatakan otak cenderung melihat hal-hal yang seseorang memang harapkan untuk dilihat.

"Anda memikirkan hal itu, tapi nyatanya Anda tidak benar-benar melihat objek yang aneh tersebut. Ini bisa terjadi karena otak memiliki cara pintas untuk mengenali hal-hal yang familiar dan menginterpretasikan informasi berdasarkan pengalaman yang ada," kata Das.

Memang belum ada sebab pasti pareidolia, tapi Das mengatakan ini terkait dengan area otak bernama fusiform face area yang berperan penting dalam menyadari wajah.

Baca juga: Diklaim Canggih, Adakah Efek Samping Radiasi dari USG 4D Terhadap Janin?


(rdn/up)
usg