ADVERTISEMENT

Jumat, 07 Apr 2017 10:05 WIB

Gatal Luar Biasa Saat Hamil, Ternyata Ibu Ini Alami Kondisi Serius

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Facebook/Christina DePino
Jakarta - Saat mengandung, wajar bila kemudian tubuh seorang wanita mengalami sejumlah perubahan, yang biasanya disertai ketidaknyamanan. Hal serupa juga dialami Christina DePino.

Namun ia tak pernah menyangka jika perubahan di dirinya adalah rasa gatal yang luar biasa di tubuhnya. Ia sampai dibuat susah tidur karenanya.

"Gatal ini begitu buruk hingga kaki dan tangan saya luka dan berdarah karena saya terus saja menggaruknya," kata Christina kepada CBS.

Awalnya, wanita berusia 28 tahun itu mengira gatal ini disebabkan oleh gatal yang umumnya terjadi pada ibu hamil dan kepindahannya ke Monroe, Michigan. Kebetulan Michigan memiliki iklim yang lebih kering dari tempat asalnya, Louisiana.

Keluhan ini pun disampaikan oleh Christina di laman Facebook-nya. Ia berharap ada teman atau siapapun yang membaca postingannya lalu bisa membantu menjelaskan apa penyebab gatal yang dialaminya dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kemudian beberapa orang berkomentar dan menduga Christina mengalami 'intraheptic cholestasis of pregnancy' (ICP), sebuah kondisi di mana aliran darah di dalam hati terhambat. Kondisi ini dikatakan cukup serius dan umumnya terjadi pada kehamilan trimester akhir.
Gatal Luar Biasa Saat Hamil, Ternyata Ibu Ini Alami Kondisi SeriusFoto: Facebook/Christina DePino

Baca juga: Muncul Ruam dan Gatal di Kulit Saat Hamil? Mungkin Ini Sebabnya

Christina lantas memutuskan untuk mengunjungi dokternya. Setelah menjalani serangkaian tes darah untuk mengecek fungsi hatinya, Christina akhirnya didiagnosis dengan ICP. Saat itu usia kandungannya memasuki 36 pekan.

Menurut sang dokter, ICP dipicu oleh kadar hormon yang tinggi saat mengandung yang kemudian mengganggu aliran darah di antara kantung empedu dan hati.

Meski terdengar sepele, pada bayi kondisi ini bisa memicu komplikasi, termasuk bayi lahir prematur dan stillbirth atau bayi lahir mati.

Kepada Christina, dokter tersebut juga mengatakan ibu hamil dengan ICP masih bisa melahirkan sesuai waktunya. Tetapi ia tak mau ambil risiko, sehingga sepekan setelah didiagnosis, Christina memutuskan untuk diinduksi dan melahirkan seorang bayi perempuan yang sehat.

Berdasar pada pengalamannya, Christina memutuskan untuk membagi hal itu lewat Facebook. "Bila Anda hamil dan merasakan gatal yang luar biasa, jangan pernah abaikan itu" tulisnya. Postingan ini juga menjadi viral dan diteruskan lebih dari 21.000 kali.

Kendati begitu, pakar memastikan ICP terbilang langka. Namun Christina tetap berharap ini bisa membantu memberikan wawasan pada para ibu hamil tentang bahaya ICP.

Baca juga: Cerita Josie, Gunakan Amplas dan Garpu untuk Redakan Kulit Gatal Saat Hamil (lll/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT