Kamis, 22 Feb 2018 17:11 WIB

Olahraga Gratisan Tapi Nggak Asal-asalan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Widiya/infografis Foto: Widiya/infografis
Jakarta - Di kalangan kaum urban, membayar membership pusat-pusat kebugaran seolah menjadi tuntutan untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat. Padahal, ada banyak komunitas yang menawarkan olahraga gratisan.

Menariknya lagi, beberapa di antaranya mengadakan latihan rutin di tempat-tempat yang cukup strategis, seperti di pusat perbelanjaan. Workout Embassy misalnya, punya kegiatan rutin berolahraga bersama di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

Berbasis kalistenik, Workout Embassy lebih banyak menggunakan berat badan sendiri untuk latihan. Kalaupun menggunakan alat, cukup dengan bar atau palang untuk bergelantungan. Walau gratisan, jangan ditanya soal intensitas latihannya. Dijamin pegal-pegal usai mengikuti latihannya.

"Jadi beberapa dari kita sudah sertifikasi dari APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia). Dan beberapa juga ada yang sudah sertifikasi first aid, jadi misal ada hal-hal yang tidak kita inginkan jadi kita bisa tangani secara baik dan bisa kasih pertolongan pertama pada anggota," kata Suprianto, salah seorang instruktur Workout Embassy.

Komunitas lain yang menawarkan olahraga gratis adalah SWORD, kependekan dari Street Workout Depok. Berdiri sejak 2015, SWORD rutin berlatih bersama di Taman Merdeka, Jalan Merdeka No.9, Mekar Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

"Kalau ke gym kan bayar, kalau ini kan fasilitas free nggak bayar. Paling cuma iuran seikhlasnya, kita beliin buah atau snack gitu," kata Rahmi, salah seorang anggota SWORD.



Selengkapnya tentang komunitas-komunitas olahraga gratisan bisa disimak dalam fokus 'Sehat Nggak Harus Mahal'.

(up/up)
News Feed