Rabu, 07 Mar 2018 07:46 WIB

Sudah Olahraga Tapi Perut Belum Sixpacks? Ini Saran Bams

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Menurut Bams, olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan perut sixpack. Butuh pola makan yang tepat untuk mewujudkannya. (Foto: Uyung/detikHealth)
Jakarta - Sempat jadi remaja bertubuh gemuk membuat Bams berusaha mendapatkan berat badan ideal. Bayangkan, ia yang duduk di bangku SMA kelas satu itu pernah mengalami kegemukan dengan berat badan menyentuh angka 110 kg.

Dengan segala cara yang telah ia coba, ternyata Bams tahu bukan cuma olahraga yang berperan penting dalam mendapatkan perut sixpack. Nah lho, apa dong rahasianya?

"Makan (pola makan). Perut gue lebih rata saat gue jaga makan dibanding gue sit up tiap hari. The key is eating," katanya membagikan rahasianya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Belajar dari pengalamannya, menurut Bams masih banyak anak muda yang terjebak pada tren kebugaran tanpa memahami apa yang sebenarnya baik bagi dirinya, mulai dari memaksakan olahraga hingga diet yang ketat. Alhasil, bukannya berat badan yang ideal, tubuh mereka justru hanya kurus sesaat kemudian beratnya naik drastis dengan signifikan.

Baca juga: Pernah Overweight Saat Remaja, Bams Jadi Gila Olahraga

"Anak-anak jaman sekarang tuh enggak tau hidup sehat itu kayak gimana. Ada keto, yaudah keto semua. Ada orang ngeluarin sesuatu, cuma dibilang sehat doang, bentuknya itu sehat, diminum aja. Padahal enggak tahu isinya apa," kata Bams.

Padahal kembali lagi, hidup sehat menurut Bams bukanlah suatu hal yang sulit. Yang terpenting memilih makanan yang sehat dan melakukan calorie counting serta olahraga yang rutin namun tidak dipaksakan.

"Kalau lo mau sixpack dari sit up enggak ngaruh, lo enggak olahraga tapi lo kalau jaga makan lo pasti sixpack. Tapi ya enggak sekeren itu karena kalau lo angkat beban itu untuk menambah definisi sama menambah massa otot. Tapi kalau lo mau ototnya ada keliatan diluar gitu makanannya dibenerin dulu. Kalau enggak enggak bakal sixpack. Sesimple itu," tutupnya.



Baca juga: Tren Diet CICO, Bagaimana Cara Mengukur Kalori yang Tepat Agar Sukses?

(up/up)