ADVERTISEMENT

Kamis, 22 Mar 2018 07:05 WIB

Plogging, Tren Olahraga Sambil Pungut Sampah yang Nggak Baru-baru Amat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Komunitas Workout Embassy sudah lama melakukan kegiatan olahraga sambil memungut sampah di Car Free Day (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Olahraga sambil memunguti sampah sepertinya sedang ngetren belakangan ini. Dikenal dengan istilah plogging, dari Bahasa Swedia 'plocka upp' yang memang artinya memungut sampah.

Konon, tren ini populer di Swedia sejak 1996 lalu menyebar ke seluruh dunia. Semangatnya adalah menjaga kebersihan sembari berolahraga. Badan semakin bugar, lingkungan juga semakin bersih dan nyaman.

Di Indonesia sendiri, kegiatan semacam ini bukan hal yang baru. Beberapa komunitas sudah sejak lama melakukannya sebagai kegiatan rutin sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja, saat itu belum populer istilah plogging.

Workout Embassy misalnya, sebuah komunitas olahraga di Jakarta, punya program yang mereka namakan We Grab Your Junk. Sama seperti plogging di Swedia, yakni memunguti sampah sambil berolahraga di area Car Free Day Jl Sudirman-Thamrin Jakarta.



Selain itu juga ada Goodlife Society, komunitas gaya hidup sehat di Jakarta yang juga sering memunguti sampah di Car Free Day. Mereka menamakan kegiatannya 'Bersihkan Jalan Sehatkan Badan' (BJSB).

[Gambas:Instagram]





Walaupun nggak baru-baru amat, tren ini tetap membawa pesan positif. Bahwa badan sehat saja tidak selalu cukup, butuh lingkungan yang juga bersih agar sehatnya maksimal. Kamu punya pengalaman berolahraga sambil memunguti sampah? Jangan sungkan untuk berbagi inspirasi melalui LINK ini. (up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT