Sabtu, 07 Apr 2018 08:08 WIB

Tips Bugar dari Atlet Duathlon Thomas Bruin

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Tips persiapan ikuti dualthon. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jawara Powerman Asia Championship tiga kali, Thomas Bruin dari Belanda, punya tips untuk kamu yang ingin mengikuti event olahraga kompetitif. Menurutnya, ada tiga hal penting yang harus dipersiapkan jika ingin mengikuti perlombaan.

"Pertama, tentu saja adalah latihan. Jika Anda ingin mengikuti perlombaan duathlon, pastikan Anda sudah menjalani latihan yang cukup untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan," ungkap Bruin, ditemui di Fitness First, Pacific Place, Jakarta Selatan, Jumat (6/4/2018).


Lebih lanjut, Bruin mengingatkan juga pentingnya berpegang kepada menu latihan saat mengikuti lomba. Jangan melakukan hal-hal baru saat lomba yang tidak dipelajari saat latihan karena bisa mengacaukan performa Anda.

"Misalnya melakukan teknik mengayuh atau berlari baru yang sebelumnya tidak dilakukan saat latihan. Atau mencoba makanan baru yang bisa saja membuat Anda sakit perut saat lomba, ini harus dihindari," tambah pria 28 tahun ini.

Tips kedua adalah menjaga kecepatan saat lomba. Duathlon biasanya dilakukan dalam tiga tahap, yakni lari, sepeda dan lari lagi. Kesalahan paling umum yang dilakukan pemula adalah lari dengan kecepatan kencang di awal perlombaan.

"Perlu diingat, perlombaan duathlon biasanya memakan waktu 3 hingga 5 jam. Jika Anda berlari kencang di awal, Anda akan lebih mudah lelah. Sebaiknya berlarilah dengan kecepatan Anda sendiri," ujarnya lagi.

Terakhir, jangan lupa bersenang-senang. Bruin menyebut para atlet yang mengikuti perlombaan duathlon berlatih sangat keras, dan itu normal. Namun jangan sampai hal tersebut menghilangkan alasan utama melakukan duathlon, yakni menjaga tubuh sehat dan bugar.

"Jadi lakukanlah dengan gembira. Aku berlatih dengan keras dan mengikuti perlombaan untuk menantang diriku sendiri, namun aku melakukannya dengan gembira, makanya aku datang lagi tahun ini, dan akan kembali lagi tahun depan," tutupnya.


Powerman Indonesia 2018 akan berlangsung pada 7-8 April 2018 di Alam Sutera Tangerang. Total peserta berjumlah 1.200 orang, yang 20 persen di antaranya diperkirakan berasal dari Jabodetabek.


(mrs/up)