Kamis, 03 Mei 2018 14:35 WIB

Olahraga Masih Asal Gerak? Ini Pentingnya Belajar Cara yang Benar

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Laila White, pakar kebugaran asal Singapura berusia 51 tahun. Foto: Frieda Isyana Putri Laila White, pakar kebugaran asal Singapura berusia 51 tahun. Foto: Frieda Isyana Putri
Jakarta - Manfaat dari berolahraga tentu saja sangat banyak bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita, namun yang perlu diingat adalah melakukannya dengan benar.

Hal ini disebabkan untuk mencegah terjadinya cedera pada otot, seperti yang diutarakan oleh pelatih kebugaran asal Singapura, Laila White.

"Terlampau banyak yang cedera, sehingga tak bisa (berolahraga) dalam jangka waktu lama, cuma short period aja. Karena mereka tidak mempelajari pentingnya gerakan proper dari berolahraga," kata Laila kepada detikHealth, saat ditemui di kawasan Menteng, baru-baru ini.

Laila menyebut olahraga sudah menjadi gaya hidup orang zaman sekarang, dan cenderung menginginkan hasil yang cepat. Karena itu kebanyakan mereka tidak tahu bagaimana olahraga yang benar dan malah menjadikan mereka cedera.


Seperti misalnya, ada banyak yang melakukan olahraga di rumah lewat video tutorial. Tanpa arahan dari pakarnya, mereka berlatih sendiri padahal risiko cedera sangat tinggi.

"Hati-hati sama otot dan sendi. Utamakan safety, jangan cuma lihat video terus dilakukan. Olahraga itu kayak hidup, hidup itu berproses. Begitu juga dengan olahraga, ada warm up, main, baru cooling down," lanjut wanita yang sudah berkecimpung dalam dunia fitness selama 20 tahun ini.

Bagi Laila, olahraga itu cukup mudah karena intinya adalah menggerakkan tubuh kita. Gerakan sehari-hari seperti berjalan, berenang, bertanam lebih baik daripada duduk saja menonton televisi atau bekerja di depan komputer.

Ia menyebut untuk memanfaatkan waktu berapapun yang kita punya tiap harinya untuk berolahraga. Jangan selalu beralasan tidak ada waktu, dan juga tak perlu repot ke gym atau menonton video tutorial, cukup dengan berjalan 10-15 menit tiap pagi misalnya.

"Aku tumbuh besar di kampung, jadi kita main di luar. Tanpa treadmill kita sudah lebih aktif. Sekarang orang terlampau sibuk dan saking modernnya olahraga itu harus ke gym. Padahal simpel aja," kata Laila.

"Lebih baik untuk berolahraga kecil tiap harinya, sedikit demi sedikit lalu tingkatkan. Everything you do is progress. the more you feel fitter the more you want to do,"lanjutnya lagi.

(Frieda Isyana Putri/up)
News Feed