Kamis, 24 Mei 2018 18:31 WIB

Mau Lari Sehabis Buka Puasa? Ini Tipsnya Biar Tidak Sakit Perut

Widiya Wiyanti - detikHealth
Lari sehabis makan kadang-kadang bikin perut tidak nyaman (Foto: Thinkstock) Lari sehabis makan kadang-kadang bikin perut tidak nyaman (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Siapa yang suka lari? Lari merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan, terutama saat bulan puasa sekarang ini.

Kebanyakan orang memilih berolahraga saat sebelum berbuka atau setelah berbuka. Kalau kamu tim olahraga setelah berbuka, ada yang harus kamu ingat bahwa saat berbuka tidak boleh menjadi ajang balas dendam.

"Jangan banyak-banyak dulu makan, nanti perutnya sakit," ujar Arum, salah satu anggota komunitas Run for Indonesia (RFI) Bogor kepada detikHealth.



Arum menyarankan untuk memberi jeda waktu antara makan besar setelah berbuka dengan waktu lari, sekitar 1-2 jam agar makanan yang dikonsumsi sudah tercerna dengan baik.

"Jadi jangan sampe kalap ya supaya perutnya enak saat lari," sarannya.

Sama halnya dengan yang dikatakan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga, dr A. Andi Kurniawan SpKO bahwa olahraga setelah berbuka bisa terhindar dari risiko dehidrasi dan hipoglikemi (kadar gula darah rendah).

dr Andi pun merekomendasikan untuk olahraga saat puasa selama 30-60 menit, karena olahraga saat puasa hanya untuk mempertahankan kebugaran tubuh, bukan untuk meningkatkan.

(wdw/up)
News Feed