Sabtu, 09 Jun 2018 14:45 WIB

Kisah John Maynard Berkeliling Nusantara Menggunakan Sepeda

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth
Jakarta - Pria paruh baya berjenggot ini menarik perhatian banyak pihak di tengah kerumunan pesepeda yang akan mudik dengan menggunakan sepeda. Ialah John Maynard (59) yang ikut bersepeda namun bukan mudik tujuannya.

"Saya nggak mudik, jalan-jalan. Rencana ke Lombok, dari sini ke Jogja, Jogja ke Surabaya, Surabaya ke Bali terus ke Lombok," ujarnya saat ditemui di Korlantas Polri, Jakarta Selatan.

Hampir tak percaya, di usia senjanya ia masih melakukan hal yang tak diduga dengan berkeliling Indonesia dengan sepedanya itu. Ia mengaku sudah mengarungi Indonesia sejauh lebih dari 15 ribu kilometer, mulai bagian barat hingga beberapa bagian Indonesia bagian timur.


Om John panggilan akrabnya mengaku memiliki tujuan untuk berkeliling Indonesia menyambungkan kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia dengan hanya bermodalkan sepeda.

"Indonesia kan ada 150 lebih kabupaten, nah itu targetnya. Sekarang baru 114," tuturnya.

"Prediksi 3 tahun lagi untuk selesai semua kabupaten/kota madya. Saya berharap bisa bikin rute perjalanan, saya berharap bisa jadi panduan wisatawan sepeda. Nama judul perjalanan yang saya bikin 'sambung menyambung Nusantara', dari kabupaten ke kabupaten ini," lanjut om John.

Ketika ditanya, mengapa memilih sepeda? Om John menjawab bahwa sepeda itu menyehatkan. Mantan atlet sepeda di tahun 70-an ini mengatakan bahwa bersepeda bisa dijadikan suatu terapi yang menyehatkan.

"Sepeda itu ada terapi di dalamnya. Selangkangan kita ada titik sarafnya, yang nggak pernah dipijat kan di situ. Waktu kita duduk awalnya sakit kan lama-lama hilang. Banyak orang cuma duduk di mobil, naik motor, nggak kena pijatan, kalau sepeda gitu, itu sehat dan itu terapi. Banyak orang yang sakit bisa sembuh," jelasnya.

Merasa jatuh cinta pada sepeda, Om John dibuat sehat di usia hampir kepala enam olehnya. "Sepeda itu bagus, sepeda itu sehat, sepeda itu bersih," tandasnya.

(wdw/fds)
News Feed
googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/health/medium_rectangle2', [300, 250], 'div-gpt-ad-1534248323665-0').setTargeting('pos', ['medium_rectangle2']).addService(googletag.pubads());