Jumat, 29 Jun 2018 12:30 WIB

Jenis Olahraga Apa yang Baik Buat Cewek Bertubuh 'Buah Pir'?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Mereka yang bertubuh seperti 'buah pir' atau gynaeoid merupakan wanita yang ukuran tubuhnya lebih besar di bagian bawah seperti panggul dan paha. Tipe tubuh ini disinyalir sangat menguntungkan karena dapat memudahkan proses persalinan.

Dilansir Live Strong, tipe tubuh 'buah pir' ini termasuk dalam kategori endomorphs, yang cenderung menyimpan lebih banyak lemak dan lebih sulit untuk menurunkan berat badan ketimbang tipe tubuh lainnya. Sehingga memilih olahraga yang tepat akan menjadi tantangan tersendiri untuk mereka.

Jadi apa saja ya olahraga yang baik untuk para wanita bertubuh 'buah pir ini?

1. Olahraga kardio

Untuk menurunkan atau menjaga berat badan, pemilik tubuh gynaeoid lebih disarankan melakukan olahraga kardio seperti berlari, bersepeda dan berenang. Dengan olahraga kardio akan membakar cukup banyak kalori.

Namun, jika ingin berenang ada satu hal yang perlu diperhatikan. "Dengan berenang, tungkai akan banyak berfungsi. Bila kurang mampu menjaga pola makan, maka berpotensi untuk memperbesar otot-otot tubuh bagian bawah, terutama pinggul dan paha," dr. Michael Triangto, Sp.KO dari Slim + Health Sports Therapy, Jumat (29/6/2018)



2. Latihan kekuatan

Selain kardio, gerakan aerobik ringan hingga sedang juga dapat membantu menurunkan bobot pada pemilik tubuh gynaeoid. Carilah gerakan dengan pengulangan hingga 12 sampai 20, dan minimalisir waktu istirahat antara gerakan tidak lebih dari 60 detik untung menjaga jantung.

Yang terpenting adalah menjaga konsistensi. Pilihlah olahraga yang disukai dan jadwalkan jadi rutinitas mingguanmu. Untuk aktivitas harian seperti berjalan, naik-turun tangga dan pekerjaan rumah juga direkomendasikan bagi kamu yang memiliki tubuh gynaeoid yang ingin menjaga berat badan yang sehat.

(frp/up)