Jumat, 06 Jul 2018 16:05 WIB

Disebut Mirip 'Bra', Rompi Apa Sih yang Dipakai Pemain Rusia?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Vest hitam yang dipakai pemain Rusia saat latihan menyita perhatian karena disangka sports bra. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Dalam beberapa foto, para pemain Rusia yang berlaga di Piala Dunia 2018 tampak mengenakan vest atau semacam rompi saat latihan. Vest warna hitam itu menempel ketat seperti 'sports bra' yang dipakai di luar.

Banyak yang penasaran rompi apa yang dipakai para pemain Rusia tersebut. Saat dimintai komentar, atlet lari gawang nasional Dedeh Erawati mengaku belum pernah melihat vest semacam itu. Namun ia meyakini, alat tersebut adalah semacam fitness tracker.

"Nanti terhubung ke komputer untuk mengetahui denyut nadi, sistem energi, dehidrasi tubuh, dll. Tapi belum pernah lihat bentuknya, mungkin itu juga hehehe," kata Dedeh kepada detikHealth.



Menurut Dedeh, alat semacam itu bisa digunakan untuk memantau intensitas latihan seorang atlet. "Atlet yang latihannya tidak maksimal bisa ketauan juga.. Heart rate-nya (denyut jantung) rendah," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]



Vest seperti yang dikenakan para pemain Rusia saat latihan sebenarnya bukan barang baru dalam sepakbola, maupun olahraga pada umumnya. Sejumlah pemain terkenal seperti Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic juga pernah tampil dengan alat mirip 'sports bra' tersebut.

Pelatih sedang membantu pemain memasang 'smart vest' yang berfungsi sebagai fitness tracker.Pelatih sedang membantu pemain memasang 'smart vest' yang berfungsi sebagai fitness tracker. Foto: Getty Images



Bentuk yang ketat memungkinkan alat selalu ada kontak dengan tubuh.Bentuk yang ketat memungkinkan alat selalu ada kontak dengan tubuh. Foto: Getty Images


(up/up)