Selasa, 17 Jul 2018 14:40 WIB

Pemain Bola Muntahkan Air, Carb Rinsing atau Cuma Basahi Mulut Kering?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Durasi pertandingan sepakbola diyakini terlalu lama untuk menerapkan carb rinsing. (Foto: Getty Images) Durasi pertandingan sepakbola diyakini terlalu lama untuk menerapkan carb rinsing. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Berbagai teori berkembang seputar kebiasaan berkumur lalu memuntahkan air saat olahraga. Para bintang sepakbola seperti Cristiano Ronaldo hingga Harry Kane pernah tepergok melakukan kebiasaan tersebut.

NY Times menyebut, mereka mungkin tengah menerapkan satu teknik yang disebut carb rinsing atau mouth washing yakni membasuh mulut dengan larutan karbohidrat. Dalam beberapa penelitian pada atlet lari dan bersepeda, teknik ini terbukti meningkatkan performa fisik.

Berkumur dengan larutan karbohidrat, diyakini bisa memanipulasi sinyal ke otak. Seolah-olah ada pasokan sumber energi baru yang masuk, sehingga otot bisa dipaksa bekerja lebih keras. Penelitian pada pesepeda membuktikan manfaatnya dalam memangkas waktu tempuh hingga 1 menit pada jarak 42 km.



Namun sebagian besar penelitian mengindikasikan bahwa carb rinsing hanya optimal pada olahraga dengan intensitas tinggi yang berlangsung selama 30-60 menit. Mengingat sepakbola berlangsung selama 90 menit atau lebih, maka ada kemungkinan carb rinsing tidak memberikan manfaat apa-apa.

"Mereka harus menyerapnya, bukan sekadar memuntahkannya karena durasi sepakbola. Idealnya, saya akan menganjurkan untuk berkumur lalu benar-benar menelannya," kata Lindsay Bottoms, pakar kesehatan olahraga dari University of Hertfordshire.



Kenali Ciri-ciri Kurang Air Putih, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Pemain Bola Muntahkan Air, Carb Rinsing atau Cuma Basahi Mulut Kering?
(up/up)
News Feed