Kamis, 19 Jul 2018 06:00 WIB

Setelah Bangun Tidur Jangan Lupa Stretching! Ini Manfaatnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kamu bisa melakukan peregangan bahkan di atas tempat tidur (Foto: Thinkstock) Kamu bisa melakukan peregangan bahkan di atas tempat tidur (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Peregangan di pagi hari sangat baik untuk menjaga tubuhmu bugar serta mengusir rasa kantuk dan malas bangun. Nggak cuma asal 'ngulet' di kasur, peregangan ini juga membutuhkan gerakan yang benar dan baik agar tidak cedera.

"Peregangan atau stretching secara instan membuatmu lebih baik. Membuatmu bergerak dan punya jangkauan penuh, membantumu membangun struktur otot dan membantu fungsi otot lebih efisien dan lebih benar," tutur Renee Scott, mantan balerina profesional dan pemiliki Barre Attack, dikutip dari HuffPost.

Dengan memperpanjang otot yang tegang kita dapat mensejajarkan tubuh kita untuk berfungsi seefisien mungkin, membuat kita lebih enerjik di sepanjang hari. Peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot dan juga ke otak, menghasilkan rasa penuh energi.


Simak juga video: 'Do and Don't Saat Stretching'

[Gambas:Video 20detik]


Puteri Indonesia 2002 sekaligus pelari marathon Melanie Putria tak pernah melewatkan waktu untuk stretching saat bangun tidur. "It's something yang sebenernya simpel, mudah dilakukan, nggak bikin waktunya habis, dan nggak mahal-mahal juga biayanya," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Bahkan olahraga simpel ini bisa kamu lakukan di atas tempat tidur. Peregangan yang baik adalah tidak merasakan nyeri, oleh karena itu Scott menyarankan untuk tidak menahan napas saat melakukannya dan pastikan tubuh benar-benar sejajar dengan baik.

Tak hanya di pagi hari, peregangan juga bisa kamu lakukan di siang atau sore hari terutama jika kamu adalah pekerja kantoran yang duduk berlama-lama. Karena kebanyakan duduk, bagian depan pinggang menjadi tegang dan punggung bagian atas jadi melengkung karena postur yang buruk saat bekerja di depan komputer.

"Selain peregangan, bangun sejam sekali untuk berjalan-jalan adalah cara yang baik untuk tetap bugar di kantor. Banyak minum air tak hanya membuatmu tetap terhidrasi tapi juga membuatmu jadi 'tersentil' untuk bangun ke kamar mandi!" tandas Scott.

Setelah Bangun Tidur Jangan Lupa Stretching! Ini Manfaatnya
(frp/up)
News Feed