Sabtu, 11 Agu 2018 13:02 WIB

Mau Belajar Pencak Silat Tapi Merasa 'Ketuaan'? Ini Saran Yayan Ruhian

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pengin latihan pencak silat tapi umur udah kelewat tua? Yayan Ruhian punya saran ampuh! Foto: Rengga Sancaya Pengin latihan pencak silat tapi umur udah kelewat tua? Yayan Ruhian punya saran ampuh! Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Yayan Ruhian boleh berusia 49 tahun, namun soal kebugarannya tidak perlu diragukan lagi. Pria kelahiran 19 Oktober 1968, Tasikmalaya, ini pun sudah melebarkan kariernya ke kancah internasional karena kepiawaiannya dalam ilmu bela diri pencak silat.

Mungkin melihatnya beraksi bikin orang kepengin bisa pencak silat, tapi kadang yang sudah berumur di atas 20 merasa sudah kelewat tua untuk belajar pencak silat. Ada saran enggak nih, Kang, buat kita-kita yang pengin belajar silat tapi usianya sudah enggak muda lagi?


"Nyatakan keinginan, mulai berlatih dari sekarang. Bela diri apapun, maupun pencak silat, perguruan apapun, sama itu pencak silat. Hanya saja, kalau Anda memilih pencak silat maka pencak silat itu mendapatkan tidak hanya sebuah olahraga tapi juga sarana untuk berlatih bela diri, sarana untuk kesehatan, sarana untuk berolahraga, dan sarana juga untuk menjaga nilai-nilai budaya dan seni bangsa kita," kata Yayan saat berbincang dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

Lagi pula, menurut Yayan yang berperan sebagai Mahesa Birawa dalam film 'Wiro Sableng' ini, di perguruan bela diri apapun pasti sudah ada metode tersendiri untuk pemula yang tentunya akan berbeda dengan orang yang sudah ada pengalaman.

"Jadi jangan takut, dan jangan menjadikan usia sebagai alasan 'ah saya sudah tua', justru seharusnya karena sudah tua secepatnya karena dengan berolahraga kita akan semakin sehat," tandasnya.



Ah oke deh, mulai sekarang enggak akan ragu lagi untuk berlatih pencak silat! (ask/frp)
News Feed