Jumat, 17 Agu 2018 19:05 WIB

Mengatur Asupan Karbohidrat ala Mantan Atlet Loncat Indah Shenny Ratna

Annissa Widya Davita - detikHealth
Shenny Ratna, mantan atlet loncat indah (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth) Shenny Ratna, mantan atlet loncat indah (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth)
Jakarta - Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik alias rajin olahraga. Meski begitu, porsinya harus diatur agar tidak berlebihan.

Seperti disampaikan mantan atlet loncat indah Shenny Ratna, saat ditemui di sela-sela pawai obor Asian Games 2018 beberapa waktu lalu. Menurutnya, asupan karbohidrat biasanya dikurangi menjelang pertandingan.

"Aku sih ngejauhin karbo yah. Semakin badan ringan itu semakin bagus buat kita," ujarnya kepada detikHealth, saat ditemui di Balai Kota Jakarta Pusat.

"Tapi ngga harus drastis juga. Dijaga aja selama kita mau ngelakuin teknis. Nah pas udah mau tanding, pola makanannya nggak boleh berubah," imbuhnya.



Nasi merupakan sumber karbohidrat tinggi yang kerap kali menjadi musuh bagi pecinta olahraga. Namun, Shenny lebih menekankan pada porsinya. Apapun jenis karbohidratnya, yang paling penting adalah tidak lebih banyak dari kebutuhan.

"Sebenernya nasi sih yang harus bener-bener dihindarin, kalo diganti paling dengan roti dan itupun harus dipanggang. Boleh juga spaghetti atau pasta yang lain, tapi tetap nggak boleh terlalu banyak. Hanya untuk nambah energi aja, sisanya lebih banyakin makan sayur dan buah," tutupnya.

(up/up)