Minggu, 02 Sep 2018 20:58 WIB

Rajin Tai Chi Seperti Jack Ma Bisa Menangkal 3 Masalah Ini

Rosmha Widiyani - detikHealth
Saking kayanya, konglomerat Jack Ma dijuluki manusia Rp 570 triliun (Foto: GettyImages) Saking kayanya, konglomerat Jack Ma dijuluki manusia Rp 570 triliun (Foto: GettyImages)
Jakarta - Di usianya yang menginjak 53 tahun, konglomerat Jack Ma masih tampak bugar meski sibuk mengurusi perusahaan teknologi Alibaba. Salah satu resepnya tetap aktif di usia tua adalah senam tai chi. Dikutip dari Medical News Today, tai chi lebih menekankan pada teknik bertahan dan kesehatan. Hal ini sedikit berbeda dengan kung fu atau wushu meski sama-sama berasal dari China.

Tai chi biasanya dilakukan lansia meski sebetulnya aman untuk semua usia. Dengan gerakannya yang perlahan namun penuh energi, tai chi kerap disebut meditasi sambil bergerak. Gerakan tai chi bisa memperbaiki kontrol keseimbangan, kesehatan, fleksibilitas, kualitas tidur dan ketahanan tubuh. Tai chi juga mengurangi risiko jatuh dan penyakit kronis pada lansia, berikut penjelasannya.



1. Risiko jatuh

Riset pada 2012 membuktikan gerakan tai chi membantu mengurangi risiko jatuh. Riset dilakukan melalui wawancara acak terhadap 79.193 responden. Hal serupa dibuktikan melalui tinjauan sistematis terhadap 7 riset pada 2015. Riset melibatkan 544 praktisi yang menyatakan, gerakan tai chi memperbaiki kontrol keseimbangan dan fleksibilitas.

Tinjauan Cochrane pada 2014 menyatakan, tai chi menurunkan risiko takut jatuh pada orang tua. Lansia berisiko jatuh usai melakukan latihan olah fisik. Namun riset tak menyimpulkan turunnya frekuensi jatuh karena melakukan tai chi.

2. Sakit kronis

Tai chi membantu mengurangi rasa sakit pada penderita radang sendi pada otot dan fibromyalgia. Hal ini dibuktikan dalam meta analisa pada 2013 terhadap 7 perlakukan berbeda selama 12 minggu. Tai chi mengurangi rasa kaku dan memperbaiki fungsi motorik tubuh.

Manfaat tai chi terkait sakit kronis juga dibuktikan dalam tinjauan Cochrane pada 54 riset. Studi melibatkan 3.913 responden yang menyatakan, latihan tai chi memberi solusi jangka pendek dari rasa sakit akibat radang sendi dan fibromyalgia.

3. Gangguan jantung

Riset tahun 2013 dan 2015 memang tidak membuktikan manfaat langsung tai chi pada risiko gangguan jantung. Lansia tetap harus menerapkan pola hidup sehat dan rutin berkonsultasi dengan dokter. Ketiganya bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang memperkecil risiko terkena serangan jantung.

Olah pernapasan merupakan salah satu bagian penting dalam senam tai chi.Olah pernapasan merupakan salah satu bagian penting dalam senam tai chi. Foto: Thinkstock


(up/up)