Kamis, 13 Sep 2018 09:30 WIB

Olahraga Sambil Dengerin Musik Ternyata Ada Manfaatnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Siapa suka mendengarkan musik saat olahraga? (Foto: Thinkstock) Siapa suka mendengarkan musik saat olahraga? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bagi kebanyakan millenial, sepertinya kini olahraga tak afdol tanpa terlihat adanya earphone bertengger di telinga. Mendengarkan musik sambil berolahraga dilakukan karena bermacam-macam alasan.

Salah satunya dipaparkan oleh Annissa, seorang mahasiswi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Ia menyebut dengan mendengarkan musik ketika sedang jogging pagi membuatnya lebih menikmati dan tidak terpaku dengan waktu.

"Kalau dengerin musik jadi lebih enjoy aja, sama nggak kepikiran waktu gitu. Sok asik aja lari sambil nyanyi-nyanyi eh tahu-tahu udah jam segini," katanya saat diwawancarai detikHealth, Rabu (12/9/2018).

Akan tetapi, apakah mendengarkan musik saat berolahraga punya manfaat bagi kesehatan? Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa ritme musik membuat tubuhmu lebih berirama, namun juga mengaktifkan bagian dari otak yang mencegahmu kelelahan, lho.



Studi yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology meneliti para peserta yang mengklaim bahwa hanya dengan mendengarkan musik selama 11 menit membuat seakan rutinitas olahraga mereka selesai dalam 60 detik dan tak merasa kelelahan. Tak hanya itu, rutinitas mereka tidak lagi terasa monoton dan lebih mudah bergerak saat dilatari oleh musik.

"Musik berperan penting dalam memberikan kesenangan lebih banyak saat berolahraga dan mengalihkan pikiran ke hal yang tidak terkait dengan apa yang sedang kita lakukan; membantumu menghindari kebosanan. Musik menjadi stimulus auditori yang sangat kuat," tutur Marcelo Bigliassi, salah satu penulis studi, dikutip dari India Times.

Bigliassi melanjutkan, ia dan tim mengidentifikasi bahwa bagian kiri gyrus frontal inferior di otak aktif saat seseorang berolahraga dengan adanya musik. Area otak ini tampaknya menjadi pusat integrasi sensorik, memroses informasi dari sumber eksternal dan internal.

Sebelumnya, beberapa studi menemukan bahwa mendengarkan musik saat berjalan meningkatkan energi dan kadar kegembiraan dan fokus mental. Faktanya, bahkan mendengarkan siaran radio saja bisa meningkatkan level performa, walau tak sebaik mendengarkan musik.

(frp/up)
News Feed