Senin, 08 Okt 2018 06:24 WIB

Kembung Saat Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kembung bikin olahraga terasa tidak nyaman (Foto: Thinkstock) Kembung bikin olahraga terasa tidak nyaman (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Rasanya pasti sangat tidak nyaman jika perut terasa kembung saat berolahraga. Tetapi rupanya kondisi ini sangat lazim dialami, bahkan ada yang sampai terkentut-ketut meski sudah ditahan sekuat tenaga.

Ahli nutrisi Cynthia Sass mengatakan ada berbagai penyebab perut kembung, tetapi umumnya tidak secara langsung terkait dengan efek olahraga. Salah satunya adalah terlalu banyak udara yang masuk ketika mengambil napas lalu terjebak di saluran pencernaan.

"Sama seperti yang terjadi ketika makan terlalu cepat lalu udara terperangkap," katanya, dikutip dari Health..

Sebab lainnya adalah sesi makan yang terlalu dekat dengan olahraga. Terlebih jika menunya adalah makanan yang banyak mengandung serat, protein, dam lemak. Jenis-jenis makanan tersebut dicerna lebih lama sehingga bisa membuat perut terasa penuh.



Pemanis buatan, menurut Sass juga sulit dicerna sehingga membuat perut terasa penuh lebih lama. Karenanya ia menganjurkan untuk selalu membaca label sebelum mengonsumsi minuman, termasuk minuman berenergi, ketika olahraga.

Yang pasti, kembung dan terasa begah saat olahraga bukan sesuatu yang berbahaya. Lazim dialami meski memang sangat tidak nyaman. Hindari saja penyebabnya.


Simak Juga 'Membahas Perut Kembung Bersama Dr Errawan':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed