Senin, 15 Okt 2018 17:35 WIB

Bersepeda, Tenis, atau Sepak Bola, Mana yang Lebih Bikin Umur Panjang?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Serunya bersepeda ternyata bisa bikin panjang umur (Foto: Ari Saputra) Serunya bersepeda ternyata bisa bikin panjang umur (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Umur panjang adalah salah satu hal yang diinginkan dalam kehidupan. Orang-orang sudah cukup sadar bahwa gaya hidup sehat adalah hal yang dapat membantu seseorang mewujudkannya, tapi tahu tidak kalau ada olahraga yang mungkin bisa menambah 10 tahun usia harapan hidup. Penasaran?

Menindaklanjuti review pada studi berusia 25 tahun dari Denmark, peneliti internasional menemukan bahwa orang yang main tenis ternyata hidup satu dekade lebih lama dari orang yang punya hidup sedentari bahkan berkemungkinan lebih panjang umur dari orang yang gemar jogging atau bersepeda.

Copenhagen City Heart Study, telah memantau kehidupan dan kesehatan ribuan pria dan wanita di Copenhagen, Denmark. Partisipan juga telah mengikuti seluruh pemeriksaan dan mengisi kuisioner mengenai gaya hidup, berapa kali mereka berolahraga dengan delapan jenis olahraga yang umum di Denmark termasuk bulutangkis, lari, sepak bola, berenang, dan tenis. Jika meninggal, waktu kematian mereka juga didata.

Kemudian, aktivitas dan usia hidup mereka pun dibandingkan.



Seperti dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings, studi menemukan orang yang tidak berolahraga meninggal lebih awal. Sementara, sepeda yang paling populer di antara olahraga pilihan, pada mereka yang bersepeda empat atau lebih per minggunya rata-rata memiliki 3,7 usia lebih panjang.

Lari disebut mampu menambah 3,2 tahun kehidupan, sementara bulutangkus sampai 6,2 tahun dan sepak bola hingga 5 tahun. Tapi yang paling mengesankan adalah orang yang bermain tenis ternyata punya angka harapan hidup 9,7 tahun lebih lama dibandingkan yang lain!

Penulis studi Dr James O'Keefe, menjelaskan kemungkinan karena bermain tenis membuat seseorang menjadi lebih bersosial yang mana bisa menjadi kunci kesehatan di usia tua.

"Bersama orang lain, bermain, dan berinteraksi dengan mereka, sebagaimana kamu bermain game yang butuh pasangan atau tim, kemungkinan punya psikologis yang unik dan efek psikologis," kata Dr O'Keefe.

"Meningkatkan denyut jantungmu penting untuk kesehatan, tapi sepertinya terhubung dengan orang lain juga (penting)," tandasnya. Demikian dikutip dari Body+Soul.

(ask/up)
News Feed