Kamis, 15 Nov 2018 19:33 WIB

Stres dan Depresi? Olahraga Bisa Jadi Obat, Ini Alasannya

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Ilustrasi olahraga untuk cegah stres dan depresi. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi olahraga untuk cegah stres dan depresi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Semua orang tahu bahwa manfaat aktivitas fisik yang utama adalah membuat tubuh lebih sehat. Selain tubuh yang sehat, tahukah kalian bahwa khasiat olahraga juga baik untuk kesehatan jiwa?

Praktisi kesehatan jiwa Benny Prawira Siauw memaparkan, olahraga sangat penting perannya bagi kesehatan jiwa. Di samping memberikan hormon-hormon yang bisa membuat kita bahagia, dan jika dilakukan bersama-sama maka bisa meningkatkan aktivitas terhadap kelompok.

"Pertama kita ini kan makhluk biologis, harus aktif dan tubuh kita tidak dirancang duduk delapan jam per hari. Kedua kita makhluk sosial, di mana kita butuh sense of belonging dari komunitasnya itu sendiri," katanya saat ditemui oleh detikhealth selepas acara Mental Health Matters Fest 2018, di Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Depok, Kamis (15/11/2018).


Dengan kata lain aktivitas fisik ini sangat relate bagi kesehatan jiwa bahkan, para peneliti merekomendasikan pasien depresi, cemas, dan masalah mental lain untuk aktif fisik.

"Oh banget. Ketika kondisi jiwa kita ga nyaman pun, kita jadi males. Raga kita kayak menolak. Jadi bisa banget (relate) untuk melakukan itu. Juga bisa menjaga stres level kita kecemasan dan depresi (kalau masih tahap ringan) jadi bisa diatasi dengan itu," kata Head Cordinator In To The Light Indonesia ini.

Sebenarnya kedua hal tersebut saling berkaitan bahkan, lebih seperti siklus.

(Yoga Radyan Nalendra/up)
News Feed