Senin, 19 Nov 2018 10:25 WIB

Umar Syarief, Mantan Atlet Karate yang Banting Setir ke Zumba

Kireina Suci Cahyani - detikHealth
Umar Syarief, mantan atlet karate yang kini jadi trainer zumba (Foto: Kirei/detikHealth) Umar Syarief, mantan atlet karate yang kini jadi trainer zumba (Foto: Kirei/detikHealth)
Jakarta - Olahraga zumba kini hadir menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang peduli terhadap gaya hidup sehat. Bahkan kini zumba telah hadir dengan berbagai varian, salah satunya ialah Strong by Zumba.

Strong by Zumba merupakan kegiatan HIIT (High Intensity Interval Training), yaitu olahraga dengan intensitas interval tinggi. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dan di dalamnya terdapat latihan pembentukan otot, kardio, serta plyometric. Agar membuat olahraga ini lebih fun, Strong by Zumba juga menyisipkan alunan musik sebagai pengiringnya.

Seorang mantan atlet karate Umar Syarief kini menjadi master trainer dalam olahraga Strong by Zumba. Ia pun turut mempopulerkan olahraga satu ini bersama istrinya, Ai Lee, dan tim Education and New Programming Zumba Fitness.

Menurut Umar, pindah haluan dari seorang atlet menjadi seorang trainer memang tidak mudah. Namun setelah pensiun ia memilih untuk fokus menekuni Strong by Zumba agar dapat menginspirasi atlet-atlet Indonesia lainnya untuk terus berkarier ke depannya dengan program lain yang berhubungan dengan skill yang dimiliki.

"Dari atlet karate jadi fokus di Strong By Zumba itu sangat challenging. Saya ingin memberikan inspirasi kepada atlet Indonesia yang terbuai uang hadiah namun setelah pensiun bingung arah tujuannya ingin ke mana. Dengan adanya program seperti ini, saya rasa mereka dapat berkarier lagi tanpa harus menunggu menjadi seorang pelatih. Ini merupakan target saya untuk menginspirasi orang lain," tutur Umar saat diwawancarai detikHealth dalam sebuah acara amal di Jakarta Selatan, (18/11/2018).



Dalam kegiatan satu ini Umar selaku master trainer Strong by Zumba mengatakan bahwa olahraga ini tidak memiliki gerakan tarian seperti zumba pada umumnya.
Namun tidak sepenuhnya HIT Training sejak awal hingga akhir sesi dalam berolahraga ini.

"Strong by Zumba itu 100 persen High Intens, Pure 0 persen dance. Olahraga ini bener-bener HIT training tetapi tidak terus menerus hingga 1 jam penuh. Dalam olahraga ini memiliki empat kuadran. Nah kegiatan HIIT Training ini ada di bagian kedua dan ketiganya, yaitu di bagian fire up dan push your limits," jelas Umar saat ditemui di kawasan Pati Unus, Jakarta Selatan.

(up/up)
News Feed