Rabu, 21 Nov 2018 08:55 WIB

Laporan dari Jepang

Ini Buktinya Orang Jepang Suka Jalan Kaki

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Di Tokyo, warga lebih suka jalan kaki dibanding naik kendaraan pribadi (Foto: Aisyah/detikHealth) Di Tokyo, warga lebih suka jalan kaki dibanding naik kendaraan pribadi (Foto: Aisyah/detikHealth)
Tokyo - Sudah tak heran lagi kalau melihat orang-orang Jepang yang gemar melangkahkan kaki dalam kesehariannya. Transportasi yang memadai, serta udara yang masih sangat segar adalah hal yang melatarbelakangi mereka untuk bergerak aktif.

Semisal, Luna (13), remaja ini menuturkan kepada detikHealth bahwa ia biasa berjalan kaki dari rumah menuju sekolahnya. Ia melakukannya tanpa mengeluh setiap harinya.

"Aku jalan kaki ke sekolah, kurang lebih 20 menit. Balik ke rumah juga jalan kaki," katanya sambil tersenyum.


Sepeda juga cukup populer di Jepang. Seperti terlihat di Kyoto berikut ini.Sepeda juga cukup populer di Jepang. Seperti terlihat di Kyoto berikut ini. Foto: Aisyah/detikHealth


Tak hanya Luna, Aya Ohi (19) juga kerap berjalan kaki, meski menurutnya tidak terlalu jauh untuk hitungan per harinya. Setiap harinya, ia berjalan lebih dari 1 jam untuk pulang balik dari rumah ke stasiun.

"Tapi untuk setiap harinya sih tergantung, aku sering pakai kereta. Aku tidak banyak jalan kaki, tapi rumahku jauh dari stasiun. Setidaknya 30 menit perjalanan," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, peneliti dari Stanford University, Amerika Serikat, melihat tingkat aktivitas fisik orang-orang secara global dengan menggunakan data yang diambil dari smartphone. Hasilnya, Hongkong dinyatakan negara paling aktif dengan langkah kaki sebanyak 6.880 per hari, dan disusul oleh China yakni 6.189 langkah dan Jepang 6.010 langkah. Sedangkan Indonesia berada di peringkat terakhir dengan rata-rata 3.513 langkah per hari.

(ask/up)
News Feed