Selasa, 27 Nov 2018 06:40 WIB

Saran Ahli untuk Hadapi Nyeri Usai Olahraga

Firdaus Anwar - detikHealth
Usai berolahraga berat biasanya muncul nyeri yang disebut DOMS (Foto: thinkstock) Usai berolahraga berat biasanya muncul nyeri yang disebut DOMS (Foto: thinkstock)
Jakarta - Beberapa hari usai mencoba olahraga baru biasanya kamu akan merasakan nyeri otot. Hal ini disebut delayed onset muscle soreness (DOMS) dan wajar terjadi karena otot-otot tubuh tengah berusaha memulihkan diri.

DOMS muncul karena adanya luka mikroskopis pada otot-otot dan dalam usaha untuk memulihkan diri tubuh melepaskan zat yang memicu peradangan.



Apa yang bisa dilakukan seseorang agar rasa nyeri tersebut sedikit berkurang atau cepat reda? Spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto dari RS Kemayoran mengatakan salah satunya bisa dengan dipijit.

"Nyeri otot biasanya muncul 1-2 hari setelah olaharaga. Cukup digosok dengan minyak obat gosok. Tapi kalau nyerinya berlanjut lebih dari dua hari, segera dikonsultasikan ke dokter olahraga," kata dr Michael kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Pijatan hangat selama 10 menit dalam studi yang dilakukan peneliti di McMaster University memang terbukti dapat membantu penyembuhan radang akut pada kaum muda yang terjadi akibat olahraga. Pijitan ternyata bisa menghambat kerja senyawa penyebab radang.

Cara berikutnya bisa dengan kompres air es atau mandi air dingin. Suhu yang rendah dapat membantu karena dapat menumpulkan saraf penerima sinyal nyeri.

Dalam jurnal BMJ Case Reports melihat kasus satu atlet triatlon bisa sembuh dari nyeri kronis usai operasi.

(fds/up)
News Feed