Minggu, 02 Des 2018 08:08 WIB

Kisah Koreografer Beto Perez Ciptakan Zumba

Ayunda Septiani - detikHealth
Alberto Perez alias Beto Perez, koreografer yang menciptakan Zumba (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth) Alberto Perez alias Beto Perez, koreografer yang menciptakan Zumba (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta - Nama Zumba sebagai olahraga kebugaran sudah tak asing lagi di telinga. Namun siapa sangka Zumba sebenarnya adalah sebuah Brand yang dibuat oleh Alberto Perez, atau kerap disapa Beto Perez.

Zumba adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari.

Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan. Karena jenis olahraga ini sangat menonjolkan unsur fun, Zumba umumnya bisa dilakukan oleh siapa saja.



Sesi Zumba bareng Beto Perez di ZIN Academy.Sesi Zumba bareng Beto Perez di ZIN Academy. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth


Pertama kali, Zumba muncul dan berkembang di tempat kelahiran Beto di Cali, Kolombia. Namun saat ini Zumba telah merambah keseluruh dunia termasuk Indonesia. Mungkin di antara kamu ada yang belum tahu bagaimana kisah Beto menciptakan Zumba tersebut.

"Suatu hari, saya tiba untuk mengajar di kelas dan menyadari bahwa saya meninggalkan musik aerobik reguler saya di rumah. Saya melihat ke dalam tas saya, mengambil beberapa kaset salsa dan merengue, memasukkannya ke dalam sound system, dan mengajarkan kelas Zumba pertama kalinya," ujar Beto saat ditemui detikHealth di Zin Academy, di Hall Basket kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12/18).

Setelah berkarier sebagai pelatih dan koreografer di Kolombia, Berto memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat. Dengan hanya gerakan dan hasratnya, dia menjual semua barang miliknya dan pindah ke Miami untuk mengejar American Dream.

Salah satu variasi Zumba, Strong by Zumba. Legenda karate Umar Syarief menekuni varian Zumba yang satu ini.Salah satu variasi Zumba, Strong by Zumba. Legenda karate Umar Syarief menekuni varian Zumba yang satu ini. Foto: Kireina S Cahyani/detikHealth




Tonton juga video 'Nikita Mirzani Buang Stres dengan Olahraga Zumba':

[Gambas:Video 20detik]

Kisah Koreografer Beto Perez Ciptakan Zumba
(up/up)
News Feed