Selasa, 04 Des 2018 13:57 WIB

Olahraga Wushu Seperti Lindswell Diklaim Mampu Cegah Otak Menua

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Wushu seperti Lindswell punya manfaat buat kesehatan otak kita! Foto: Agung Pambudhy Wushu seperti Lindswell punya manfaat buat kesehatan otak kita! Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Nama sang Ratu Wushu, Lindswell Kwok kembali naik daun sejak keberhasilannya mendulang emas di cabor wushu pada Asian Games 2018. Dalam video viral yang diunggah oleh Menpora Imam Nahrawi, ia kini terlihat mengenakan hijab panjang berdiri di sebelah kekasihnya yang juga pewushu, Achmad Hulaefi.

Sudah jelas bahwa semua olahraga akan membawa manfaat kesehatan baik mental maupun fisik, tak terkecuali wushu. Namun ada yang berbeda, yakni wushu diklaim mampu mencegah penuaan otak dengan cara meningkatkan fungsi kognitif otak, menurut sebuah studi terbaru.


Beberapa bentuk bela diri seperti wushu dan tai chi sangat menekankan pada pengendalian napas dan meditasi. Sehingga mampu untuk mengurangi rasa stres sekaligus mampu untuk mengendalikan stres pada orang berusia muda hingga paruh baya.

Hasil tersebut ditemukan sebanyak 330 peserta dengan rata-rata usia 73 tahun. Serta gerakan mengalir dan lembut juga bisa menjadi olahraga berdampak rendah bagi para lansia. Tak hanya soal kesehatan fisik, namun juga kesejahteraan emosional juga meningkat.

Olahraga wushu dikenal meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, koordinasi, refleks dan kesadaran tubuh sendiri. Walah secara tradisional, seni bela diri digunakan sebagai perlindungan diri dan perkembangan spiritual, namun hanya baru-baru ini saja para peneliti memiliki metode untuk menilai sejauh mana sebenarnya olahraga ini dapat mempengaruhi otak.

(frp/wdw)
News Feed