Kamis, 06 Des 2018 10:00 WIB

Ingin Punya Karier Sebagai Instruktur Zumba, Caranya Gimana Sih?

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Tertarik menjadi instruktur Zumba? Simak persyaratannya ya! (Foto: Kireina S Cahyani/detikHealth) Tertarik menjadi instruktur Zumba? Simak persyaratannya ya! (Foto: Kireina S Cahyani/detikHealth)
Jakarta - Popularitas Zumba sebagai alternatif olahraga yang fun makin menanjak. Tidak cuma sebagai peserta, minat untuk meniti karier sebagai intruktur Zumba rupanya juga tidak sedikit.

Terbukti dengan membanjirnya peserta dalam sesi ZIN (Zumba Instructur Network) Academy di Basket Hall Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, baru-baru ini. Dalam sesi tersebut, penciptanya yakni Alberto Perez alias Beto Perez hadir dari Kolumbia untuk memberikan pelatihan bagi calon instruktur.

Untuk jadi instruktur Zumba, sebenarnya susah nggak sih?

"Ikuti pelatihannya. Di beberapa negara salah satunya di Indonesia ada yang namanya ZES, yaitu Zumba Education Specialist, mereka membuka kelas untuk menjadi instruktur," jelas Beto dalam jumpa pers yang digelar di sela-sela acara tersebut.



Beto menjelaskan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk menjadi instruktur. Pertama, calon instruktur harus mengambil kelas pelatihan Basic 1 (B1). Setelah mendapat lisensi B1, seseorang sudah bisa langsung mengajar kelas Zumba.

"Untuk menemukannya kalian bisa cek di web zumba, di mana kelas B1 ini sedang di buka," jelas Beto.

Nggak puas hanya mengajar basic? Tenang, ada tingkat lanjutannya. Beto menambahkan, instruktur yang telah mengambil lisensi B1 bisa melanjutkan ke kelas B2 dan Proskill.

"Di B1 saya belajar basic-nya, lalu B2 lebih banyak materinya bagaimana detailnya, dan di pro skill saya langsung ke Amerika saya jadi tahu, bahwa menjadi seorang instruktur itu bukan untuk show off kemampuan kita. Melainkan bagaimana caranya agar saya mampu menuangkan ilmu yang saya miliki kepada member-member saya, jadi memang banyak banget benefitnya," papar Liza Natalia, mantan pedangdut yang kini menekuni Zumba.

(up/up)
News Feed