Rabu, 12 Des 2018 08:08 WIB

Alasan Sehat untuk Cobain Panjat Tebing

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang anak berusia 6 tahun sedang mencoba panjat tebing dalam ruangan. Foto: iStock Seorang anak berusia 6 tahun sedang mencoba panjat tebing dalam ruangan. Foto: iStock
Jakarta - Panjat tebing dianggap banyak orang adalah olahraga yang cukup ekstrem. Padahal nggak juga lho. Menurut pelatih atlet panjat tebing, Emi Zainah, panjat tebing termasuk olahraga yang aman, bahkan dilakukan oleh anak-anak.

Lantas, manfaat apa yang didapat dari olahraga panjat tebing? Selain bugar, Emi mengatakan bahwa panjat tebing bermanfaat untuk melatih pengambilan keputusan.

"Kalau misalnya untuk olahraga panjat tebing itu sendiri kita diajarin untuk berpikir cepat dan tepat. Jadi kita dilatih untuk mengambil keputusan di saat ada rasa takut," ujarnya saat press conference Indoor Climbing Gym in Jakarta di FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2108).


Olahraga ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan percaya diri pada anak-anak. Bukan hanya itu, tentu semua otot tubuh terlatih dengan olahraga panjat tebing ini.

Founder komunitas Indo Climb, Fedi Fianto mengatakan bahwa keseimbangan dan kekuatan otot akan meningkat dengan latihan panjat tebing.

"Memperkuat core, balance, dan strength. Jadi kalau sekarang olahraga lari upper-body biasanya lemah, nah itu dia yang terus dilatih. Dengan mix dengan latihan manjat, itu akan meningkatkan performa dan bentuk body yang lebih bagus," jelasnya.

(wdw/frp)