Kamis, 27 Des 2018 11:00 WIB

Wow! Latihan Ini Selama 1 Menit Setara dengan Jogging 45 Menit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sprint. Foto: thinkstock Ilustrasi sprint. Foto: thinkstock
Jakarta - Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, makan sehat saja tidak cukup. Tubuh juga harus bergerak aktif secara rutin, yaitu berolahraga 3-5 kali dalam satu minggu.

Nggak mau ribet-ribet pergi ke gym atau berlama-lama keringatan di jogging track? Menurut sebuah penelitian dari Kanada, latihan interval training selama satu menit setara dengan jogging selama 45 menit.

Interval training adalah latihan pendek dengan intensitas yang tinggi, contohnya latihan sprint. Penelitian ini berdasarkan analisis pada 25 orang dengan berat badan berlebih dan mereka diharuskan untuk latihan sprint.



Dikutip dari Times of India, mereka dibagi menjadi dua tim. Tim pertama berlatih secara intensif dengan sprint selama 10 menit hingga 12 minggu. Tim lainnya, latihan dengan intensitas rendah seperti jogging di taman.

Setelah periode latihan tersebut, semua orang dianalisis kekuatan otot, kesehatan jantung, dan kelincahan aerobik. Hasilnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara tim yang berolahraga dengan intensitas tinggi maupun intensitas rendah.

Interval training memang memiliki manfaat baggi tubuh untuk membuat otot lebih kuat. Namun waktu pemulihan juga harus lebih banyak dibandingkan dengan latihan dengan intensitas rendah.

(wdw/up)
News Feed