Jumat, 18 Jan 2019 09:25 WIB

Ssstt! Dokter Cantik Angkat Bicara Soal Obesitas

Ayunda Septiani - detikHealth
dr Grace Joseline, dokter cantik di Timnas Sepakbola Wanita Indonesia (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth) dr Grace Joseline, dokter cantik di Timnas Sepakbola Wanita Indonesia (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta - Kegemukan atau obesitas adalah penumpukan lemak yang tidak normal atau berlebihan di dalam tubuh. Kondisi ini jika dibiarkan terus-menerus dapat memengaruhi kesehatan pengidapnya.

Berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018, angka kenaikan obesitas meningkat dari 14,8 persen di tahun 2013 menjadi 21,8 persen di 2018. Obesitas bisa menyerang siapa saja jika pola hidup sehat tidak diperhatikan.

Obesitas bisa menjadi ancaman bagi seseorang jika malas menjaga pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur. Apabila sudah mengalami obesitas dan tidak melakukan aktivitas fisik, maka akan menimbulkan berbagai penyakit.



"Kalau memang awalnya sudah obesitas, terus bisa merambat ke diabetes lho. Karena kan pola hidup yang tidak sehat. Dari sana akan mendapatkan sakit jantung dan penyakit lainnya," ujar dr Grace Joseline, dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia di ASIAN GAMES 2018, saat ditemui detikhealth di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/01/2019).

dr Grace sapaanya, juga menjelaskan bahwa rekomendasi aktivitas fisik untuk orang dewasa dianjurkan sekitar 150-300 menit dalam satu minggu. Ada berbagai pilihan olahraga, salah satunya lari yang dianggap praktis dan bisa dilakukan di mana saja.

"Karena lari itu termasuk ke dalam intensitas yang lumayan tinggi, bisa dilakukan 75-150 menit dalam seminggu idealnya. Karena bisa membakar kolori di dalam tubuh secara maksimal," tutupnya.




Saksikan juga video 'Obesitas Banyak Risikonya, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]



Ssstt! Dokter Cantik Angkat Bicara Soal Obesitas


(up/up)
News Feed