Senin, 21 Jan 2019 10:21 WIB

Olahraga Virtual, Ketika Gym Modern Manfaatkan Teknologi VR

Firdaus Anwar - detikHealth
Suasana olahraga virtual di gym 24 Hour Fitness. (Foto: CNN) Suasana olahraga virtual di gym 24 Hour Fitness. (Foto: CNN)
Jakarta - Bosan olahraga di gym yang begitu-begitu saja? Bagaimana kalau mencoba gym yang menawarkan kamu pengalaman berolahraga di luar ruangan dengan teknologi realitas maya (VR). Olahraga VR ini diperkirakan akan menjadi aktivitas favorit dengan tren yang semakin bertumbuh.

Sudah ada beberapa gym dilengkapi dengan alat olahraga VR. Aaron Stanton dari VR Health Institute mengatakan kalau olahraga VR pada dasarnya menggabungkan video game dengan aktivitas fisik.



Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Games Health sekitar 30 persen game VR di pasaran masuk dalam kategori olahraga tingkat sedang dengan tiga di antaranya termasuk olahraga berat. Apa yang menjadi keunggulan olahraga ini adalah pengguna merasa bersemangat tidak terlalu capai karena terdistraksi dengan permainan.

"Olahraga dengan VR sangat, sangat baik mendistraksi kenyataan bahwa kamu sedang berolahraga dan membuat kamu hanya menikmati permainan saja," kata Aaron seperti dikutip dari CNN, Senin (21/1/2019).

Di kelas olahraga gym 24 Hour Fitness, Santa Monicam contohnya terdapat ruangan yang berisi sepeda statis terhubung ke perangkat VR. Di depan ruangan yang minim lampu tersebut layar tiga dimensi menampilkan apa yang sedang 'dirasakan' para pengguna sepeda.

Sebuah jalanan dengan trek berkelok-kelok harus dilintasi para pengunjung gym dengan menggowes dan memiring-miringkan sepeda statisnya. Ada instruktur dan musik yang menemani sehingga seperti benar-benar sedang konvoi sepeda.

"Kamu keluar dari realitas masuk ke dunia lain. Fakta ada layar membuat kamu lupa seberapa keras kamu sedang berolahraga," ungkap salah satu peserta gym, Kriz Crane.





Simak juga video 'Rasakan Sensasi Dunia Virtual Yuk di VR Cafe!':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/kna)