Rabu, 23 Jan 2019 10:14 WIB

Health It Up

Mengenal Low Back Pain, Keluhan Paling Umum Dialami Pekerja Kantoran

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Low Back Pain merupakan salah satu keluhan paling umum ketika seseorang terlalu banyak duduk (Foto: detikHealth/20detik) Low Back Pain merupakan salah satu keluhan paling umum ketika seseorang terlalu banyak duduk (Foto: detikHealth/20detik)
Jakarta - Sepulang bekerja seharian, banyak para pekerja kantoran yang mengeluhkan nyeri punggung dan nyeri pinggang. Ini tidak dapat disepelekan begitu saja karena dapat menggangu produktivitas. Keluhan ini dikenal sebagai 'low back pain' atau nyeri punggung bawah.

Menurut praktisi fisioterapi dari Evopgysio.id, S Rujito SST, FT, low back pain merupakan nyeri pinggang atau punggung bawah bagian lumbal, yang kausa atau penyebabnya beragam mulai dari masalah otot, sendi atau joint, maupun bantalan sendinya.

"Kasus low back pain ini paling banyak dialami oleh pekerja kantoran Hal itu terjadi akibat aktivitas daily livingnya. Setiap hari duduk terlalu lama, statis, dan kurang aktif bergeak," ujar pria yang akrab disapa Ito ini.



Apa itu fisioterapi? Kenali lebih dekat dalam video 'Health It Up' berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



Ito mengatakan bahwa low back pain juga tak hanya berisiko untuk para pekerja kantoran. Untuk yang berusia 40 tahun ke atas, kasus ini juga rentan dialami dan memang perlu diwaspadai.

"Bila sudah berumur tentu otot-otot di sekitar perut dan pinggang sudah mulai melemah. Sehingga untuk beraktivitas dan mengangkat beban yang cukup berat tanpa adanya kesiapan dapat menyebabkan cedera yang parah," jelas Ito saat diwawancarai detikHealth, di kawasan Senen, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Profesi fisioterapi mungkin belum sepopuler dokter atau perawat medis. Tapi tanggung jawabnya tidak kalah besar.Profesi fisioterapi mungkin belum sepopuler dokter atau perawat medis. Tapi tanggung jawabnya tidak kalah besar. Foto: detikHealth/20detik


Menurut Ito, gejala low back pain ini masih bisa dikatakan ringan bila hanya sekadar pegal-pegal. Namun bila sudah mulai merasakan kesemutan di area paha hingga ke kaki, dan ada rasa yang menjalar seperti kesetrum atau panas berarti itu sudah ada saraf yang mulai terganggu.

"Untuk penangannya bisa dilakukan dengan ergonomi kerja, melakukan excersice dan olahraga, mencukupkan kebutuhan hidrasinya, healthy lifestyle dan istrirahat yang cukup. Bila sudah parah disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter," tutup Ito.

(up/up)
News Feed