Kamis, 24 Jan 2019 10:03 WIB

Health It Up

Mengenal Profesi Fisioterapis yang Kerap Disangka Tukang Urut

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Rujito alias ito saat menangani pasien (Foto: detikHealth/20detik) Rujito alias ito saat menangani pasien (Foto: detikHealth/20detik)
Jakarta - Profesi fisioterapis mungkin belum begitu di populer di telinga. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat S Rujito, seorang praktisi fisioterapis, untuk menjalankan tugas profesionalnya.

Oleh sebagian orang, fisioterapi bahkan dianggap sama seperti tukang urut. Nggak sepenuhnya salah juga sih, karena salah satu keahliannya adalah mengatasi berbagai masalah otot.

"Saat banyak yang anggap kita tukang urut itu pasti, karena penanganannya mirip seperti manual terapi, seakan-akan bagi orang awam yang melihatnya ini sama saja seperti tindakan pijat tradisional pada umumnya," ujar pria yang akrab disapa Ito tersebut, dalam perbincangan dengan detikHealth di Evophysio.id baru-baru ini.

Menurut Ito, fisioterapi dan urut tentu ada bedanya. Pendekatan profesi dari fisioterapis dan tenaga medis selalu berdasarkan evidence based, dan berdasarkan penelitian yang dikembangkan oleh fisioterapis dan diujikan secara medis.



Simak bagaimana cara fisioterapis bekerja di video Health It Up berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



Ito sudah melakoni profesi ini selama 14 tahun dan ia mengaku hal yang paling memberatkan ialah saat ia merasa lelah. Karena bagaimanapun, ia banyak melakukan handling dengan menggunakan tangan langsung dan tentu saja butuh banyak tenaga.

"Lelah sih sudah pasti karena kita ya harus handling langsung pasiennya kan, namun profesi menyenangkan selama saya jalani ini," ucap Ito kepada detikHealth.

Ito mengaku bahwa hal yang membuatnya senang menjalani profesi sebagai fisioterapis ini ialah ia dapat berinteraksi dengan orang hebat seperti atlet profesional, sehingga ia juga bisa terpengaruh gaya hidup sehat sehingga itu bisa berdampak pada diri kita sendiri.




Ini video Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi:

[Gambas:Video 20detik]


Mengenal Profesi Fisioterapis yang Kerap Disangka Tukang Urut
(up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya