Jumat, 01 Feb 2019 10:45 WIB

Health It Up

Tips Peregangan Praktis Buat Pekerja Kantoran yang Super Sibuk

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Tips peregangan praktis di kantor (Foto: Kireina/detikHealth) Tips peregangan praktis di kantor (Foto: Kireina/detikHealth)
Jakarta - Untuk menjaga vitalitas tubuh ternyata olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Namun untuk pekerja kantoran, untuk melakukan kegiatan satu ini seringkali mengalami kesulitan saat mengatur waktunya. Pagi sudah sibuk dalam perjalanan ke kantor. Kemudian saat malam pun tubuh sudah merasa lelah untuk beraktivitas.

Menurut seorang fisioterapis, S. Rujito, demi menjaga kebugaran tubuh pekerja kantoran dan menghindari beberapa hal yang sering dikeluhkan seperti nyeri pinggang (low back pain), maka beberapa aktivitas fisik perlu terus dilakukan guna mengaktifkan kembali otot-otot tubuh agar lebih fungsional.

Ternyata untuk menjaga tubuh pekerja ini dapat dilakukan di sela-sela waktu bekerja lho. Menurut pria yanga akrab disapa Ito ini ada beberapa gerakan-gerakan mudah yang dapat dilakukan di kantor, bahkan di tempat yang tidak terlalu luas sekalipun.

"Kita sebenarnya dapat melakukan exercise ringan di meja kantor saat bekerja. Hal ini berguna untuk mengurangi stressor pada otot-otot leher, punggung, daerah punggung, pinggang bawah, dan kaki," ujar Ito baru-baru ini saat ditemui detikHealth di kawasan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.



Untuk itu, Ito menjelaskan ada 10 gerakan mudah yang dapat dilakukan di meja kantor setiap harinya. Terdiri dari beberapa gerakan statis, dan ada beberapa yang dinamis. Namun tidak perlu dikhawatikan akan keterbatasan tempat, karena gerakan-gerakan ini dapat dilakukan saat Healthy Friends duduk di kursi kantor.

Simak video Health It Up berikut untuk mengetahui 10 gerakan tersebut:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed