Jumat, 15 Feb 2019 06:55 WIB

Polusi 'Ngegas' Jelang Sore, Dokter Lebih Sarankan Olahraga di Pagi Hari

Ayunda Septiani - detikHealth
Olahraga pagi lebih optimal karena energi masih berlimpah (Foto: iStock) Olahraga pagi lebih optimal karena energi masih berlimpah (Foto: iStock)
Jakarta - Aktivitas yang padat di sekolah, di kampus, atau di kantor, kadang membuat waktu kita untuk berolahraga jadi sedikit. Padahal, paling tidak waktu orang dewasa berolahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari.

Terkadang sebagian orang suka berolahraga pada sore hari karena memiliki lebih banyak waktu luang. Menurut dr Agus Dwi Susanto, SpP dari RS Persahabatan, justru olahraga yang baik itu dilakukan pada pagi hari. Apa alasannya?

"Karena di daerah perkotaan, terutama Indonesia. Polusi itu mulai meningkat pada tengah hari sampai pada sore hari, karena kendaraan baru pada ngegas pada jam segitu. Kalau pagi hari kan enak, udaranya segar dan lebih leluasa menghirup udaranya," ujar dr Agus.


Polusi itu mulai meningkat pada tengah hari sampai pada sore hari, karena kendaraan baru pada 'ngegas' pada jam segitu.dr Agus Dwi Susanto, SpP - RS Paru Persahabatan

dr Agus juga mengatakan, jika berolahraga pada siang hari, berarti sama saja membiarkan tubuh kita menghirup udara kotor dari udara. Padahal tujuannya kita ingin sehat dengan berolahraga, malah nanti akan menyebabkan penyakit yang lain.

Dikutip dari Womens Health Mag, Professor Ilmu Olahraga Terapan, Lara Carlson, Ph.D. dari University of New england, mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Yang juga bermanfaat meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.


"Selain itu juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah pun bisa jadi lebih stabil dan jam tidur di malam hari bisa lebih nyenyak," tutupnya.


Jadi kamu tim yang mana? Suka olahraga pagi hari atau sore?





Simak juga video 'Drone Pun Dikerahkan Berantas Polusi di Bangkok':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed