Jumat, 08 Mar 2019 08:25 WIB

International Women's Day

Perempuan! Jangan Takut Angkat Beban, Ini Manfaatnya yang Luar Biasa

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Nadira Diva yang doyan angkat beban. Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth Nadira Diva yang doyan angkat beban. Foto: Aisyah Kamaliah/detikHealth
Jakarta - Mulai sekarang, kalau pacarmu, kakak perempuan kamu, atau istri kamu kepengin latihan angkat beban jangan asal dilarang aja ya. Ternyata, weight lifting ini menyimpan manfaat yang tidak terduga bagi para wanita. Apa saja tuh?

Kepada detikHealth, healthy lifestyle enthusiast, Nadira Diva (27) menjelaskan bahwa weight lifting enggak cuma bisa bikin bentuk tubuh yang oke, tapi juga membentuk postur tubuh jadi lebih baik. Dan segala aktivitas kita mulai dari jalan kaki, naik tangga, angkat galon sampai gendong anak membutuhkan postur yang baik.

"Bayangkan kamu enggak biasa melakukan kegiatan misalnya ngangkat sesuatu dari lantai digendong, itu kalau posturnya tidak baik itu bisa sangat berbahaya. Mungkin enggak sekarang, tapi di kemudian hari. Sometimes ada orang yang tiba-tiba sakit punggungnya, pegel shoulder-nya, nah itu mungkin kalian tidak terbiasa dengan hal tersebut atau postur kalian tidak cukup bagus," katanya.



Tetapi seringkali yang menjadi tantangan bagi diri sendiri untuk mulai melakukan weight lifting adalah pola pikir kita sendiri. Banyak dari kita yang meragukan kemampuan tubuh kita sendiri dan merasa tidak cukup kuat untuk melakukannya.

"Padahal sebenarnya tubuh yang dikasih dari yang Maha Kuasa itu sangat amazing dan bisa melakukan almost every single thing yang kalian pikir tidak bisa padahal bisa. Memang harus dieksplor gitu potensinya," tambah Diva.

Gimana, tertarik untuk angkat beban? Tapi jangan langsung berharap hasil yang instan ya. Diva saja harus membentuk tubuhnya selama lima tahun untuk bisa sebugar sekarang.

"Untuk membentuk badan yang seperti ini aku sudah lima tahun, tapi kalau melihat perubahan dari luar itu kelihatan somehow di bagian abs (otot perut) aku. Keluar setelah 8 bulan konsisten latihan dan makan yang cukup nutrisinya," katanya.



(wdw/up)