Jumat, 08 Mar 2019 10:24 WIB

International Women's Day 2019

Perempuan Harus 'Strong', Tapi Kerap Dibully kalau Punya Otot

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Yang terpenting bagi Nadira Diva adalah untuk fokus pada diri sendiri, apapun bentuk tubuhmu. Foto: Instagram @petitedivaa Yang terpenting bagi Nadira Diva adalah untuk fokus pada diri sendiri, apapun bentuk tubuhmu. Foto: Instagram @petitedivaa
Jakarta - Setiap orang punya bentuk tubuhnya tersendiri, selama masih sehat dan membuat tubuh justru semakin kuat maka tidak ada salahnya kok termasuk untuk jadi wanita berotot. Sayangnya, stigma bahwa perempuan idealnya tidak usah punya otot tubuh kekar deh, nanti kayak cowok!

Nadira Diva atau akrab dengan nama @petitediva di Instagram punya pesan nih bagi perempuan yang berolahraga dan punya otot kekar. Intinya, jangan terlalu memikirkan orang lain atau pemikiran-pemikiran yang justru bikin kamu merasa sedih dan enggak pede sama tubuh sendiri.

"Just remember you can not please eveybody, the thing is yang harus kamu fokus adalah diri kamu, pasti kalau kamu fokusnya ke lebih sehat dan stronger, fisik akan mengikuti," ujar Diva kepada detikHealth, di kawasan Jakarta Selatan.

Setuju enggak? Yang pasti, tidak dipungkiri olahraga itu dibutuhkan untuk wanita maupun pria. Jadi kalau urusan kekar atau tidaknya ya juga tergantung selera juga. Sama halnya dengan pilihan olahraga, wanita pun juga bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan pria misalnya weight lifting atau angkat beban.

"Weight lifting itu bukan olahraga buat cowok aja, tapi seriously itu akan men-suppport kalian melakukan aktivitas kalian sebagai seorang ibu. Kadang untuk mengangkat anak kecil dibutuhkan tenaga, as a wife, as a mother, as as sister, you need to be strong and we must empower each other. We are as a woman, we are amazing, dan jangan biarkan masyarakat melumpuhkan semangat kita untuk menjadi strong," pesan Diva.



Yang terpenting bagi Diva adalah untuk fokus pada diri sendiri, apapun bentuk tubuhmu, selama menjalankan pola hidup sehat dan makan yang bernutrisi sudah cukup kok. Masa bodoh deh dengan anggapan miring orang lain tentang tubuhmu. Percaya deh, omongan orang tuh enggak akan ada habisnya! Kisah Diva jadi buktinya.

"Dulu pas aku enggak olahraga, enggak sehat segala macem, orang-orang mikir 'kurus banget sih, enggak dikasih makan apa tulang belulang doang', lalu balik lagi pas aku agak subur gitu bilangnya 'gendut banget sih!' gini-gini segala macem, sekarang liat aku 'ih berotot banget sih cewek!'. Jadi, every single stage of your life, pasti akan ada orang lain yang akan menganggap kamu too much atau yang menurut aku yang enggak perlu didengerin lah," pungkasnya.

(ask/up)