Minggu, 17 Mar 2019 10:38 WIB

Serunya Lari Bareng Penyandang Disabilitas di Equal Fun Run 2019

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Equal Fun Run 2019 tingkatkan kepercayaan diri teman-teman penyandang disabilitas. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth Equal Fun Run 2019 tingkatkan kepercayaan diri teman-teman penyandang disabilitas. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth
Jakarta - Disabilitas seringkali diasosiasikan kepada situasi ketidakmampuan seseorang dalam melakukan aktivitas yang diakibatkan keterbatasan fisik maupun mental.

Asumsi yang biasanya diaminkan oleh para penyandang tuna daksa terutama bagi mereka yang baru saja teramputasi. Seakan hidup sudah tidak lagi bermakna.

Melalui Equal Fun Run 2019, Dare yang bekerjasama dengan MOC dan RS Universitas Indonesia, ingin mengajak teman-teman difabel aktif berpartisipasi dalam kegiatan lari yang hingga kini masih banyak teman-teman pengguna prostesis menganggap aktivitas fisik seperti lari tabu dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan jarangnya acara-acara aktivitas fisik yang melibatkan teman pengguna prostesis, sehingga rasa percaya diri tidak tumbuh.

Equal Fun Run adalah ajang lari pertama kali yang digagas untuk mengajak teman-teman pengguna kaki palsu dan difabel untuk ikut lari bersama di komunitas yang majemuk dan setara. Antara pengguna prostesis dan non-pengguna prostesis.

Ajang ini juga menjadi pembuktian bahwa pengguna prostesis dan teman-teman difabel mampu berkompetisi dan menjadi juara. Selain itu juga diharapkan Equal Fun Run dapat mengubah pandangan bahwa teman-teman difabel bukanlah individu-individu yang harus dikasihani. Karena mereka juga dapat berprestasi.



Siapa bilang teman-teman difabel tak bisa lari dan bersenang-senang?Siapa bilang teman-teman difabel tak bisa lari dan bersenang-senang? Foto: Ayunda Septiani/detikHealth

Acara ini digagas oleh Dare Prosthetic & Orthotic Indonesia, yang merupakan perusahaan pembuat prostesis dan ortosis. Dare juga sering memberikan prostesis dan ortosis gratis bagi teman-teman difabel yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Tujuannya adalah untuk memberdayakan teman-teman difabel sehingga bisa hidup lebih berkualitas dan juga diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masing-masing penerima bantuan.

Melangkah lebih jauh, Dare didukung oleh MOC, brand pakaian dari perusahaan PT. Mega Perintis, Tbk., untuk mengajak teman-teman difabel dan juga masyarakat lebih luas untuk bersama-sama lari dan bersenang-senang.

Sehingga kepercayaan diri teman-teman pengguna prostesis dan difabel dapat tumbuh dan juga masyarakat umum dapat menerima mereka tanpa perlu memberi belas kasihan, karena mereka mampu.

Equal Fun Run 2019.Equal Fun Run 2019. Foto: Ayunda Septiani/detikHealth





(up/up)
News Feed