Minggu, 17 Mar 2019 21:02 WIB

Sandiaga Uno Sebut Olahraga 22 Menit Per Hari, Bagaimana Anjuran WHO?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sandiaga Uno anjurkan 22 menit olahraga tiap hari. (Foto: Grandyos Zafna) Sandiaga Uno anjurkan 22 menit olahraga tiap hari. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Debat Pilpres putaran ketiga antara calon wakil presiden (cawapres) Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno berlangsung menarik. Saat menyampaikan visi di bidang kesehatan, Sandiaga menyebutkan akan menganjurkan seluruh masyarakat untuk berolahraga setiap hari sebagai upaya mencegah penyakit.

"Mulai upaya preventif promotif 22 menit berolahraga setiap harinya," ujarnya, Minggu (17/3/2019).

Apakah 22 menit berolahraga cukup untuk membuat tubuh selalu sehat? Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa usia 18-64 tahun untuk melakukan aktivitas fisik 150 menit dengan intensitas sedang. Ini setara dengan 30 menit sehari selama 5 hari dalam sepekan.



Anjuran tersebut bisa juga dikonversi menjadi 75 menit olahraga dengan intensitas berat dalam sepekan. Seseorang yang rajin melakukan aktivitas fisik akan memiliki sistem metabolisme yang lebih baik, yang artinya keseimbangan energi di dalam tubuh akan lebih terjaga.

Beraktivitas fisik dengan intesitas ringan-sedang juga bisa membakar kalori sebanyak kira-kira 500-1.500 kalori per minggu jika dilakukan secara teratur.

(wdw/up)