Rabu, 20 Mar 2019 07:11 WIB

Pilihan Olahraga '22 Menit' Buat Kamu yang Tak Punya Banyak Waktu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jalan cepat bisa dijadikan pilihan untuk berolahraga selama 22 menit. Foto: Thinkstock Jalan cepat bisa dijadikan pilihan untuk berolahraga selama 22 menit. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kalau kamu termasuk orang yang cuman punya sedikit waktu luang, nggak punya banyak waktu, sibuk, pagi-pagi berangkat kerja, pulang malam lalu capek, ditambah banyak pekerjaan di rumah tapi masih ingin berolahraga, jenis latihan apa sih yang bisa kamu lakukan?

"Saya minta jalan cepat. Jalan cepat itu adalah suatu jenis latihan yang intensitasnya ringan sampai sedang, gerakannya berulang-ulang, bisa dilakukan untuk waktu yang panjang, jenis latihannya adalah aerobik," ujar spesialis olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, saat dihubungi detikHealth, Senin (18/3/2019).

dr Michael mengatakan, olahraga dengan jenis aerobik ini yang akan baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang, apalagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit sebelumnya.



"Apakah dia ada diabetes, darah tinggi, kolesterol, dapat diatasi dengan jenis latihan tersebut dan itu 22 menit? Oke saya setuju. Daripada seharian nggak ngapa-ngapain tapi mungkin harus setiap hari," tambahnya.

Olahraga 22 menit menurut dr Michael memang belum memiliki dasar yang kuat apalagi jika ingin diterapkan dalam aktivitas harian. Meski demikian, ia tetap mengapresiasi tujuan yang dipaparkan karena dianggap mampu membantu pemerintah.

"Setidaknya dia mengingat bahwa olahraga itu bilamana dilakukan dengan benar maka dapat membantu pemerintah dalam mengatasi penyakit akibat inaktivitas. Cuma mungkin harus ada data yang lebih tepat kenapa dipilih 22 menit," tutupnya, mengomentari gagasan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno.



(kna/up)