Sabtu, 23 Mar 2019 10:00 WIB

8 Tanda Overworked, Akhir Pekan Ini Libur Dulu Olahraganya

Ayunda Septiani - detikHealth
Olahraga setiap hari juga nggak baik untuk kesehatanmu. (Foto: shutterstock) Olahraga setiap hari juga nggak baik untuk kesehatanmu. (Foto: shutterstock)
Jakarta - Mendorong tubuh untuk mencapai potensi sepenuhnya adalah hal yang hebat. Namun, bekerja terlalu agresif dan tidak memberikan istirahat yang tepat dan dapat menjadi bumerang.

Mendorong tubuh ke posisi ekstrem yang tidak aman, seperti berolahraga secara intensif setiap hari, juga bisa berbahaya, dan tubuh mungkin akan menjadi terlalu stres untuk berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, variasi adalah kuncinya. Mendengarkan tubuh dan memberikan pekerjaan tubuh yang lebih lambat dan lebih meremajakan, serta serangan aktivitas yang keras, dapat membantu mencapai keseimbangan yang lebih baik.

Dikutip dari Bustle, berikut 8 tanda kamu sudah overworked. Istirahat dulu yuk!



1. Tidak konsentrasi

Jika kamu lelah secara mental dan sulit berkonsentrasi, itu bisa berarti tubuh sudah terlalu banyak bekerja dan perlu istirahat.

Jika ini masalahnya, cobalah melakukan kegiatan yang santai dan yang dapat membantu menjaga pikiran kamu lebih aktif, dengan tubuh kamu menjadi lebih santai.

2. Rambut rontok

Kerontokan rambut akan terjadi jika seseorang meghadapi terlalu banyak stres setiap hari. Ketika seseorang mengalami overdrive, tubuh sangat memerlukan beberapa pemulihan seperti istirahat.

Ini akan menjadi pertanda buruk. Jika sudah mengalami kerontokan yang sudah tidak biasa, cobalah pertimbangkan tubuh untuk beristirahat di akhir pekan.

3. Menurunkan imunitas

Jika sudah bekerja terlalu keras selama seminggu, dan tubuh merasakan beberapa sakit yang tidak kunjung sembuh. Cobalah beristirahat dan menjaga makan agar tubuh tidak kekurangan imun.

Sering merasa sakit saat bekerja dapat terjadi karena tubuh sudah mengalami overworking selama bekerja.

4. Sering melakukan kesalahan

Melakukan kesalahan dalam pekerjaan adalah hal yang biasa terjadi dalam pekerjaan. Tapi jika kesalahan tersebut sering dilakukan terus menerus dan bisa berakibat buruk lho. Bisa saja fokus kamu terganggu.

Mungkin kamu ingin fokus terhadap suatu pekerjaan, tapi pikiran tidak bisa. Kamu merasa jika pikiran selalu dipenuhi dengan masalah lainnya sehingga membuatmu tidak fokus saat bekerja. Tentu saja hal ini akan menyebabkan peforma bekerja menurun. Hati-hati guys.



5. Sering sakit-sakitan

Pekerjaan yang tidak ada habisnya terkadang membuat orang lupa akan kesehatan. Termasuk lupa untuk istirahat dan makan. Akibatnya tentu saja tubuh menjadi mudah sakit. Kondisi fisik yang menurun akan membuat pekerjaanmu terbengkalai. Tidak ada salahnya jika kamu mengajukan cuti sehingga bisa menggunakan waktu untuk beristirahat dan merilekskan diri sejenak.

6. Wajah terlihat lesu dan letih

Wajah yang lesu dan letih bahkan tidak terlihat bersemangat sama sekali, bisa menandakan tingkat stres seseorang. Jika stres dibiarkan tanpa ada solusi, penyakit akan muncul di kemudian hari. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba beristirahat dengan mengambil cuti untuk mengatasi kondisimu yang stres.

7. Kelelahan secara emosional

Jika kamu merasa hancur secara emosional, itu mungkin saat yang tepat untuk mempertimbangkan istirahat dan berlibur. Sering kesal, jengkel, marah, frustasi atau sedih adalah salah satu penyebab kamu sudah jenuh terhadap pekerjaan.

Dengan pergi ke daerah puncak atau ke pantai bisa sedikit membantu merelaksasi tubuh dan fikiran dari pekerjaan kamu.

8. Susah tidur

Banyak orang yang merasa sulit tidur saat malam maupun suka terbangun tengah malam. Keluhan tersebut biasanya terjadi karena stres akibat pekerjaan. Bekerja berlebihan atau terlalu fokus terhadap sesuatu juga bisa menyebabkan insomnia. Jadi, ada baiknya kamu beristirahat dan mengambil cuti untuk liburan.

(up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya