Minggu, 24 Mar 2019 22:24 WIB

Rekomendasi Olahraga Malam yang Tak Bikin Insomnia

Ayunda Septiani - detikHealth
Olahraga tertentu bisa dilakukan malam hari tanpa mengganggu pola tidur (Foto: iStock) Olahraga tertentu bisa dilakukan malam hari tanpa mengganggu pola tidur (Foto: iStock)
Jakarta - Olahraga memang kegiatan yang punya segudang manfaat. Kalau kita rutin olahraga, tubuh bisa menjadi bugar, terhindar dari risiko berbagai penyakit, dan suasana hati kita pun selalu baik.

Biasanya olahraga dilakukan pada pagi hari sebelum memulai rutinitas, tetapi waktu-waktu lain seperti siang, sore, bahkan malam hari juga bisa lho dimanfaatkan untuk berolahraga.

Banyak orang yang memilih berolahraga malam-malam karena seharian tidak punya cukup waktu luang. Olahraga di malam hari bisa membantu tidur nyenyak dan mencegah kamu terhindar dari risiko serangan panas (heat stroke) ketika berolahraga saat panas terik.

Tapi, olahraga malam tak bisa dilakukan sembarangan. Kamu justru bisa kecapekan atau malah cedera dan imbasnya jadi sulit tidur nyenyak. Apa saja olahraga yang aman untuk dilakukan saat malam hari? Dikutip dari Lifehack, berikut beberapa pilihan olahraga malam yang tak mengganggu pola tidur.



1. Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga malam hari yang terbilang cukup aman karena justru membuat tubuh dan pikiran rileks sebelum bersiap tidur. Yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat seharian tadi, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

2. Jalan-jalan
Jika kamu tak begitu suka yoga, jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif olahraga malam hari yang sama amannya. Ada banyak manfaat jalan kaki, mulai dari menurunkan berat badan, membantu melawan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum pergi tidur.

3. Angkat beban
Salah satu pilihan olahraga di malam hari adalah dengan melakukan angkat beban di klub kebugaran. Banyak masyarakat pada masa kini yang mengatur waktu olahraga di malam hari guna menyesuaikan rutinitas hariannya, sehingga banyak klub fitness justru ramai pada malam hari.

4. Tai chi
Tai Chi merupakan gabungan dari seni bela diri dan olahraga. Cocok dilakukan saat malam hari, berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh juga pikiranmu. Gerakan yang dilakukan menyerupai aliran air tenang mampu membuatmu menjadi lebih rileks seperti menjalankan meditasi. Pikiran jadi lebih tenang, tubuh rileks, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Olahraga malam hari ternyata memiliki beberapa keuntungan tersendiri lho. Banyak yang mengatakan jika melakukan aktivitas sebelum libur tidur akan membuatmu insomnia atau sulit tidur di malam harinya.

Padahal daripada menghabiskan waktu nonton televisi sembari makan cemilan tidak sehat, justru lebih baik olahraga saja bukan?

(up/up)
News Feed