Rabu, 27 Mar 2019 11:15 WIB

Berbagai Pose Yoga yang Rawan Cedera Bila Dilakukan Oleh Pemula

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bila tak hati-hati, beberapa pose yoga juga bisa memicu cedera (Foto: iStock) Bila tak hati-hati, beberapa pose yoga juga bisa memicu cedera (Foto: iStock)
Jakarta - Selain relaksasi, yoga juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti meningkatkan fleksibilitas dan menambah kekuatan bahkan menyembuhkan penyakit pernapasan.

Hanya saja jika tidak dilakukan dengan benar, yoga juga dapat menyebabkan kerugian dan risiko lain seperti cedera bahkan stroke. Beberapa pose yoga bahkan dianggap sangat berbahaya jika dilakukan tanpa pelatihan khusus.

Jika masih pemula, beberapa pose ini mungkin harus kamu hindari agar tidak terjadi kerusakan pada tubuhmu. Berikut diantaranya dikutip dari berbagai sumber.



1. Shoulder stand

Pose modern dari Sarvangasana ini memang memiliki manfaat yang baik untuk mengatur hormon tiroid dan metabolisme. Sayangnya pose ini terlalu banyak memberi penekanan pada tulang belakang dan leher. Sebagai pemula, hindari pose semacam ini apalagi jika memiliki masalah pada tekanan darah tinggi.

Jika memang ingin mencoba, usahakan untuk tidak menggerakkan leher sama sekali untuk meminimalisir kemungkinan cedera.

Shoulder standShoulder stand Foto: iStock


2. Standing Forward Bend

Dikenal sebagai Uttanasana, pose ini sesungguhnya sangat baik untuk meregangkan bagian paha belakang, betik dan pinggul juga merangsang fungsi hati dan ginjal. Tetapi jika memaksakan diri untuk melakukan posisi ini akan menghilangkan semua 'hal baik' tersebut.

Apabila sebelumnya sudah memiliki keluhan, tidak dianjurkan mencoba pose ini terlebih kalau sedang mengidap masalah punggung. Menekuk ke depan bisa lebih berbahaya dari yang dipikirkan.

Standing forward bendStanding forward bend Foto: iStock


3. Bridge pose

Menurut beberapa pakar, pose ini bisa menyebabkan banyak cedera. Jika dilakukan dengan benar, bridge pose dapat membantu meringankan nyeri bahu dan leher serta meningkatkan fleksibilitas.

Namun jika lutut tidak sejajar atau berada di belakang dan depan kemudian tidak sesuai, tekanan rotasi akan terjadi pada lutut dan cedera bisa terjadi.

BridgeBridge Foto: iStock


4. Triangle pose

Pose ini jelas bukan untuk pemula. Baddha Trikonasana adalah pembuka pinggul yang sangat efektif, tetapi masih cukup menantang untuk menghadirkan masalah bahkan bagi para yogi yang berpengalaman.

Sebuah modifikasi dari pose segitiga yang melibatkan menggenggam tangan di belakang, pose itu dapat dengan mudah mengakibatkan cedera hamstring terutama jika terlalu bersemangat untuk meluruskan kaki.

Triangle poseTriangle pose Foto: iStock


5. Camel Pose

Camel pose atau ustrasana ini dianggap mampu meredakan segala hal, mulai dari kelelahan hingga kegelisahan sampai penyakit pernapasan. Tetapi melakukannya dengan salah dan tidak terlatih akan membuat rasa sakit yang parah di area leher.

Jika pernah mengalami saraf terjepit atau masalah serupa, pose ini bukanlah ide yang paling baik.

Camel poseCamel pose Foto: iStock




Berbagai Pose Yoga yang Rawan Cedera Bila Dilakukan Oleh Pemula
(kna/up)