Kamis, 28 Mar 2019 08:02 WIB

Sudah Rajin Sit-Up Masih Buncit Juga? Mungkin Ini Penyebabnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Salah satu gerakan untuk mengaktifkan otot perut adalah crunch (Foto: thinkstock) Salah satu gerakan untuk mengaktifkan otot perut adalah crunch (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kamu sudah mati-matian sit up tapi merasa kok perut masih saja kelihatan buncit? Mungkin kamu melewatkan satu fakta penting bahwa melatih otot perut saja untuk diandalkan bikin perut rata itu sulitnya kebangetan.

Mury Kuswari, SPd, MSi, dari Indonesian Association of Fitness and Sport Nutritionist (ANOKI) menjelaskan pada dasarnya perut memang menjadi 'gudang' dari penyimpanan lemak. Maklum, perut adalah salah satu tempat yang paling banyak jaringan lemaknya.

"Jadi kalau ditanya perutnya buncit, pertama karena memang disimpennya di situ, yang kedua adalah gimana ngatasinnya. Nah, harus variasi, latihan beban dan latihan aerobik atau yang waktunya lebih panjang," kata Mury, ketika ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2019).



Waduh, kok harus latihan beban sih? Memangnya nggak cukup ya kalau cuma dengan sit up atau plank gitu? Jadi, kalau latihan beban ini akan membuat ototnya meningkat. Mitokondria yang berperan dalam memproduksi energi juga makin besar.

"Kayak ibaratnya, retail-retailnya. Ibaratnya nih jualan, gudang banyak nih barangnya, maka semakin banyak retailnya, semakin banyak retailnya untuk mendistribusikan lemak," tambahnya.

Karena itu Mury menuturkan penting banget nih untuk latihan beban, apalagi kalau kamu mau perutnya nggak buncit lagi. Pertanyaannya, apakah kamu sudah sering angkat beban untuk mengurangi tumpukan lemak di perut? Bagikan ceritamu di komentar.



Simak Juga "Menguak Fakta Perut Buncit":

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)