Kamis, 28 Mar 2019 08:33 WIB

7 Saran Simpel Bagi yang Ingin Cepat Punya Perut Sixpacks

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Asal telaten, punya perut sixpacks bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan (Foto: ilustrasi/thinkstock) Asal telaten, punya perut sixpacks bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Perut sixpacks menjadi idaman semua pelaku diet dan fitness enthusiast. Memiliki perut sixpacks menandakan tubuhmu yang sangat bugar dan seberapa besar motivasi dan dedikasimu soal kebugaran dan kesehatan tubuh sendiri.

Kebanyakan orang menganggap perut sixpacks hanya bisa didapat melalui olahraga dan juga diet, namun ada beberapa perilaku sehari-hari yang bisa membantumu lebih cepat untuk mendapatkannya. Dengan catata, rutinlah melakukan 7 hal berikut ini, dikutip dari Shape Magazine:



1. Belajar rileks

Ada empat kali lebih banyak reseptor hormon kortisol dalam lemak perut dibanding lemak di bawah kulit, menurut sebuah studi dalam Psychosomatic Medicine. Yang artinya, jika kamu kelewat stres, lemak akan menuju perutmu lebih cepat ketimbang tempat lain. Stres mempengaruhi tubuhmu dalam beberapa cara negatif juga, sehingga belajarlah untuk rileks, tetap merasa bahagia dan tenang, berolahraga, meditasi dan berkumpullah dengan orang-orang bisa membuatmu tersenyum.

2. Perhatikan makronutrien

Patenkan rumus kalori ini: 50/30/20. 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 20 persen lemak adalah persentase kalori harian terbaik bagimu untuk mengatur rasa lapar, kekenyangan dan mengendalikan lemak perut dan bobot. Pilihlah karbohidrat sehat seperti sayur, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum utuh, protein seperti kacang-kacangan dan daging tanpa lemak, serta lemak sehat seperti di minyak zaitun, ikan salmon dan walnut.

3. Bangun otot

Sebuah studi berjangka 12 tahun pada lebih dari 10 ribu orang dalam jurnal Obesity mengungkapkan menemukan bahwa mereka yang menambahkan 25 menit latihan beban pada rutinitas mereka selama periode 12 tahun mendapatkan lebih sedikit inci di sekitar pinggang mereka daripada mereka yang melakukan latihan aerobik dengan jumlah yang sama.

4. Fokus pada serat

Sebuah studi dalam jurnal Obesity menemukan bahwa setiap peningkatan 10 gram pada asupan serat mudah larut (serat yang memperlambat perncernaan dan membantumu merasa lebih kenyang) harian, tingkatan akumulasi lemak perut akan turun empat persen selama lima tahun. Mengonsumsi lebih banyak serat juga bisa membantumu tidur lebih nyenyak. Coba menambah 10 gram dengan setengah buah alpukat, tiga perempat cangkir oatmeal, dan satu buah apel.



5. Kenali rasa lapar

Berhentilah makan sebelum benar-benar merasa kenyang untuk menghindari naiknya berat badan. Dengan begitu, kamu akan merasa lapar lagi dalam rentang waktu tiga hingga empat jam ke depan. Mengonsumsi setidaknya 400 - 500 kalori setiap kali makan membuatmu kenyang dan mencegah makan berlebihan di waktu berikutnya. Jika kita berhenti saat terasa kenyang sekali, bisa jadi kamu akan mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan.

6. Jangan kurang tidur

Tidur disarankan setidaknya 6-7 jam per harinya setiap malam. Saran tersebut sangat berguna untuk mencegah lemak tambahan ke tubuhmu, menurut sebuah studi dalam jurnal Sleep. Mereka yang kurang tidur (kira-kira di bawah lima jam tiap harinya) memiliki lebih banyak lemak perut dan risiko diabetes tipe 2 yang meningkat. Buat yang sering begadang akan menjadi lebih buruk, mengganggu rasa lapar dan hormon lainnya, lalu mengganggu keseimbangan kalori harian dengan membuatmu makan lebih banyak dan jarang olahraga karena rasa lelah.

7. Sedot lemak is a big NO

Liposuction atau metode sedot lemak mungkin dianggap jalan pintas terbaik untuk cepat mendapatkan sixpacks. Namun pada faktanya, metode ini tidak akan mengangkat lemak di perut namun lemak di bawah kulit. Hanya diet dan olahraga yang dapat membantu menyusutkan jumlah lemak yang berada di dalam tubuhmu.

(frp/up)
News Feed